Dua Kategori Nikmat Agama menurut Imam Al-Ghazali

Salah satu doa yang sering dibaca oleh orang Muslim adalah meminta agar diberi keselamatan dalam urusan Agama. Kenapa demikian, karena Agama sebagai penuntun bagi kehidupan manusia dalam mengajarkan kebaikan, sayangnya minimnya pengetahuan ilmu Agama menjadikan seseorang menjadi fanatik buta terhadap ajarannya.

Imam Al-Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin menjelaskan bahwa Nikmat dalam urusan Agama ada dua kategori, yaitu:

Pertama, Nikmat berupa taufik(نعمة التوفيق). Allah telah memberikan pertolongan kepada seseorang berupa Nikmat yang besar yaitu Islam, kemudian ia menyempurnakan ajaran Agama dengan mengikuti Sunnah Nabi, dan terakhir mengaplikasikan ajaran Islam sebagai bukti ketaatan kepada Allah dan Rasulnya.

Kedua, Nikmat berupa perlindungan (نعمة العصمة). Allah melindungi seseorang dari segala bentuk kekufuran dan kemusrikan, kemudian Allah menjaga seseorang dari segala macam kesesatan dan kemaksiatan.

Bila seorang hamba telah diberikan nikmat pertolongan dalam beramal dan juga perlindungan dari-Nya maka ia diberikan nikmat yang sempurna dalam urusan Agamanya, maka dari itu, banyak orang yang diberikan pertolongan untuk beramal tapi ia lupa penyakit yang menggerogoti amalannya sehingga tak ada pahala dan faedahnya disebabkan merasa paling baik dalam ibadahnya tanpa didasari ilmu yang menuntunnya.

Bagikan
About moh afif sholeh 680 Articles
Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*