KH. Nawawi Kelapa Dua Menyampaikan Hal Penting Ini saat Khutbah Jum’at

KH. Nawawi Kelapa Dua merupakan seorang tokoh ulama’ kharismatik di daerah Kelapa Dua, Depok. Beliau dikenal sebagai seorang kyai yang sangat sabar dalam mengahadapi permasalahan, problematika kehidupan di masyarakat.

Saat memberikan khutbah Jum’at di Masjid Nurul Ilmi, beliau menjelaskan tentang pentingnya menjaga amal-amal kebaikan setelah bulan ramadhan. Beliau memberi perumpamaan seperti orang yang haji mabrur. Lulus tidaknya seseorang dalam menjalankan ibadah ramadhan bisa dilihat setelahnya, yang awalnya selalu berjama’ah setelah ramadhan bertambah giat dalam berjamaah, membaca Al-Qur’an maupun ibadah yang lain.

Dalam khutbahnya, beliau mengutip Ayat

قَدْ أَفْلَحَ مَن تَزَكَّىٰ (14)وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّىٰ (15)

Artinya:”Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia salat.”

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa orang yang beruntung mempunyai beberapa kriteria. Pertama,   orang yang mau menyucikan diri dari dosa dan maksiat. Kedua, Orang yang mengingat kepada Allah melalui shalat dan menyempurnakan dengan zakat.

Dari sini, ramadhan menjadi evaluasi diri untuk memperbaiki diri dan amal agar bulan-bulan setelah ramadhan menjadi lebih baik.

Semoga setelah ramadhan, amalan kita lebih baik dalam menjalankan ibadah maupun amal kebaikan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *