Lakukanlah Hal Ini Agar Aibmu Tak Terbongkar Di Akhirat Kelak

Manusia diberikan keistimewaan oleh Allah memiliki anggota badan yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainnya, namun kelebihan ini seringkali digunakan untuk hal-hal yang merugikan orang lain seperti menipu, mencela atau mengumpat dengan kata-kata yang tak pantas diucapkan.

Islam mengajarkan kepada hambanya akan kepedulian sosial dengan cara membantu sesama yang membutuhkan atau menutupi kekurangan orang lain. Pada dasarnya manusia memiliki kelebihan dan kekurangan atau aib dalam dirinya. Ia berusaha menutupi segala aibnya agar orang lain tak mengetahuinya.

Orang yang sering menutupi aib orang lain niscaya diakhirat aibnya akan ditutupi oleh Allah. Hal ini berdasarkan Hadits Nabi,

عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: «لا يستر عبد عبدا في الدنيا، إلا ستره الله يوم القيامة. رواه مسلم

Artinya:”diriwayatkan dari Abi Hurairah, Nabi bersabda:”Seorang hamba yang mau menutupi aib orang lain saat di dunia maka Allah akan menutupi aibnya kelak di hari kiamat. (HR. Muslim).

Syeh Muhammad Ali pengarang kitab Dalil Al-Falihin menjelaskan bahwa orang yang mau menutupi kesalahan atau dosa yang telah diperbuat oleh orang lain agar tak menyebar kemana-mana maka ia kan mendapatkankan keistimewaan dari Allah berupa kekurangan yang ia miliki akan ditutupi-Nya. Maka dari itu, umat Islam harus saling menghargai satu dan yang lainnya, jangan sampai gara-gara berbeda politik menyebabkan orang menjadi saling tuduh-menuduh, saling menyebarkan kejelekan lawannya. Padahal hal ini akan merugikan keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *