Lima Hal Ini Termasuk Sunnah Para Nabi Terdahulu

Ajaran Para Nabi terdahulu membawa misi kebaikan untuk manusia dan alam semesta. Salah satunya adalah agar menjaga kebersihan diri dari kotoran maupun jiwa serta penampilan yang kurang menarik. Dari sini, Agama sebagai ajaran yang selalu memberikan inspirasi dan motivasi agar manusia mendapatkankan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Nabi Ibrahim sebagai panutan para Nabi  dalam urusan  ibadah memberikan suri tauladan yang baik kepada umatnya. Beliau termasuk orang yang pertama diperintahkan untuk berkhitan untuk menjaga kesucian diri agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

وعن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “الفطرة خمس، أو خمس من الفطرة: الختان، والاستحداد، وتقليم الأظفار، ونتف الإبط، وقص الشارب” متفق عليه

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: Lima hal ini termasuk fitrah (sunnah para Nabi  terdahulu). Pertama, Khitan. Kedua, Mencukur bulu kemaluan. Ketiga, memotong kuku. Keempat, mencabut bulu ketiak. Kelima, mencukur kumis. (Muttafaq Alaihi).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa  lima hal diatas termasuk Sunnah para Nabi terdahulu yang masih diakomodir oleh islam dan sangat relevan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi pribadi yang suci dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dari sini, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga penampilan dan kebersihan karena hal itu menjadi kesempurnaan iman seseorang.

Bagikan
About moh afif sholeh 680 Articles
Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*