Nabi Musa Berharap Mendapatkan Kedudukan Mulia Seperti Orang Ini

[metaslider id=1433]Pahala di akhirat selalu dinanti oleh setiap manusia, hal ini merupakan investasi saat ia berada di dunia. Ketika seseorang berbuat kebaikan maka Allah akan membalasnya  sesuai yang  ia lakukan tanpa mengurangi pahala sedikitpun.

Manusia akan mengetahui dan merasakan semua amalnya ketika sudah diperlihatkan diakhirat kelak terutama saat di Surga. Abu Naim al-Asfihani dalam kitab Hilyat Al-Aulia mengkisahkan tentang Nabi Musa saat bertemu dengan Tuhannya.

عن عمرو بن ميمون، قال: ” لما تعجل موسى عليه السلام إلى ربه رأى رجلا في ظل العرش، فغبطه بمكانه، وقال: إن هذا لكريم على ربه عز وجل، فسأل ربه أن يخبره باسمه، فأخبره، فقال: لكن سأنبئك من عمله؛ كان لا يحسد الناس على ما آتاهم الله من فضله، ولا يمشي بالنميمة، ولا يعق والديه “. رواه الأعمش عن أبي إسحاق

Artinya:
“Diriwayatkan Amr bin Maimun, ia berkata:”tatkala Nabi Musa bertemu Tuhannya, ia melihat seseorang yang diberikan naungan perlindungan Arsy, lantas ia berharap mendapatkan kedudukan seperti itu. Nabi Musa berkata:”Sesungguhnya orang ini sangat mulia, kemudian ia bertanya kepada Tuhannya tentang perihal nama orang tersebut. Kemudian Tuhannya memberikan informasi akan hal itu tetapi dari segi amal yang telah ia  diperbuat. Pertama, ia tak pernah iri atas anugerah yang diberikan kepada orang lain. Kedua, ia tak pernah adu domba. Ketiga, tak menyakiti hati orangtuanya. Keterangan ini diriwayatkan dari A’masy dari Abi Ishak.

Baca: http://masholeh.com/nasehat-nabi-sulaiman-agar-mendapatkan-kemuliaan-di-dunia/

Dari keterangan ini dapat dipahami bahwa orang yang melakukan tiga kebaikan diatas akan mendapatkan keistimewaan berupa kedudukan yang tinggi di hadapan Allah. Orang yang mendapatkan pahala tersebut karena berusaha mengarahkan dirinya untuk berbuat kebaikan dengan menghilangkan rasa dengki, iri hati atas nikmat yang diberikan kepada orang lain. Begitu juga dirinya tak mau memecah belah, adu domba demi kepentingan sesaat. Dan berbakti kepada orang tua akan membawa keberuntungan tersendiri tidak hanya di dunia semata tapi sampai di akhirat kelak.

Baca: http://masholeh.com/kunci-mulia-dunia-dan-akhirat-lakukanlah-5-hal-ini/

Maka dari itu, lakukanlah ketiga hal diatas agar mendapatkan kedudukan yang teratas tanpa adanya batas dan sangat pantas sehingga umurnya berkualitas.

Bagikan
About moh afif sholeh 680 Articles
Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*