Saat Melakukan Hal ini, Langkah Manusia Tercatat Paling Utama

Allah Maha Adil membalas semua perbuatan hamba-Nya sesuai yang ia telah lakukan. Jika amalannya baik maka kebaikannya akan kembali kepada dirinya sendiri, sebaliknya kejahatan maupun keburukan yang telah dilakukan, ia yang akan merasakannya sendiri.

Imam Ramli dalam Fatawanya menjelaskan tentang saat melakukan hal ini maka langkah yang dilakukan manusia tercatat sebagai amalan terbaik,

ﺃﻓﻀﻞ ﺧﻄﻮاﺕ اﻹﻧﺴﺎﻥ ﻣﺎ ﺗﻮﻗﻒ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺩاء اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺎﺕ اﻟﺨﻤﺲ ﺑﻨﺎء ﻋﻠﻰ ﺃﻥ اﻟﺮاﺟﺢ ﺃﻥ ﺃﻓﻀﻞ اﻟﻌﺒﺎﺩاﺕ ﺑﻌﺪ اﻹﻳﻤﺎﻥ اﻟﺼﻠﻮاﺕ اﻟﺨﻤﺲ

Langkah paling utama yang dilakukan manusia adalah saat ia hendak mengerjakan shalat lima waktu. Hal ini berdasarkan bahwa ibadah yang paling utama setelah menyatakan beriman kepada Allah adalah mengerjakan shalat lima waktu.

Dari sini peranan shalat menjadi sangat penting karena sebagai tiang agama, jika seorang muslim tak mengerjakannya maka seolah ia merobohkan agamanya sendiri. Shalat sebagai kontrol diri dari hal-hal yang dilarang terutama yang akan merugikan dirinya sendiri di dunia dan akhirat.

Maka dari itu, orang yang menjaga shalatnya akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda serta akan mendapatkan keridhaan dan kasih sayang dari Tuhannya. Sebaliknya orang yang mengikuti langkah syaitan maka ia akan merasakan kerugian yang sangat mendalam.

 

Bagikan
About moh afif sholeh 680 Articles
Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*