tertipu, emosi

17 Dosa Besar Menurut Imam Abu Thalib Al Makki

Setiap manusia dalam hidupnya pernah melakukan kesalahan yang disengaja atau tidak. Bila seseorang melakukan kesalahan terus menerus maka akan menjadi penyebab hati menjadi keras sehingga sulit menerima kebenaran.

Al Qur’an memberikan solusi kepada manusia supaya dosa dan kesalahannya dihapus oleh Allah maka harus menjauhi hal-hal yang terlarang terutama dosa-dosa besar.

Salah satu ayat yang menjelaskan masalah ini yaitu ayat berbunyi:

إِن تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا (31

Artinya: Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS. An Nisa: 31).

Sultan Ulama’ dalam kitab Qawaid Al Ahkam menjelaskan hal-hal yang berdampak buruk (mafsadat) ada dua kategori. Pertama. Hal-hal yang diharamkan oleh Allah supaya tidak dilakukan. Kedua. Hal-hal yang dimakruhkan untuk dilakukan.

Sedangkan menurut Imam Abu Thalib Al Makki menjelaskan bahwa dosa besar ada tujuh belas kategori.

Pertama. Dosa yang berkaitan dengan hati manusia. Ini ada 4 klasifikasi yaitu berbuat syirik kepada Allah, selalu melakukan kemaksiatan kepada Allah, berputus asa akan Rahmat Allah, merasa aman dari rekayasa Allah.

Kedua. Dosa yang berkaitan dengan lisan manusia. Ada 4 klasifikasi di dalamnya yaitu menuduh orang berbuat zina, memberikan kesaksian palsu, melakukan sihir dan bersumpah untuk hal yang terlarang.

Ketiga. Dosa yang berkaitan urusan perut. Ada tiga klasifikasi yaitu memakan harta anak yatim secara dhalim, memakan harta yang berasal dari hasil riba, mengkonsumsi minuman keras yang memabukkan.

Keempat. Dosa yang berkaitan urusan kelamin yaitu berbuat zina dan homoseksual.

Kelima. Dosa yang berkaitan dengan urusan tangan manusia yaitu membunuh, mencuri.

Keenam. Dosa yang berkaitan dengan kaki manusia seperti lari dari Medan pertempuran tanpa ada alasan yang jelas.

Ketujuh. Dosa yang berkaitan dengan semua anggota badan seperti menyakiti hati orangtua.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)