Tafsir Yasin Ayat 12 tentang Anjuran Memperbanyak Amal Kebaikan

3 Hal Penting Dilakukan Sebelum Membaca Al Qur’an

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam adalah membaca Al Qur’an sebagai pedoman bagi umat Islam.

Islam selalu memotivasi umatnya untuk selalu belajar, memahami isi kandungan Al Qur’an supaya hidupnya terarah dan salah arah karena kitab suci ini menuntun langkah supaya selamat dunia hingga akhirat.

Sebelum membaca Al Qur’an, umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa hal penting ini.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam adalah membaca Al Qur’an sebagai pedoman bagi umat Islam.

Pertama, bersuci terlebih dahulu dari Hadas besar maupun Hadas kecil. Ini bertujuan agar orang yang hendak membaca Al Qur’an dalam kondisi suci lahir batinnya sehingga mudah menerima ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Kedua, niat membaca Al Qur’an. Ini penting sekali untuk selalu diperhatikan karena tanpa niat niscaya ibadahnya kurang berarti alias kurang sempurna.

Peranan niat sangat penting bagi kehidupan setiap muslim sebagai pijakan dan motivasi agar amal yang ia lakukan semakin berarti.

Ketiga, membaca ta’awudz atau meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan.

Jika kita mau bertanya kenapa dianjurkan membaca ta’awudz sebelum membaca Al Qur’an?

Alasannya adalah saat seseorang berbuat kebaikan pun syaitan selalu menggoda agar ia tak mendapatkan pahala atau supaya salah memahaminya.

Maka dari itu, beberapa hal diatas kiranya selalu dilakukan supaya ibadah membaca Al Qur’an nya tercatat menjadi amal kebaikan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang sekitarnya.

Disamping itu, setelah membaca Al Qur’an dianjurkan membaca doa agar kelak mendapat syafaat dari Al Qur’an dan mendapatkan Rahmat dari Allah dzat pemberi kasih sayang.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)