perempuan, kisah

3 Nikmat Agung yang harus Diketahui oleh Setiap Muslim, Ini Penjelasannya

Manusia akan merasa nyaman dan tenteram hidupnya bila diberikan kesehatan dan kesempatan untuk selalu beraktivitas tanpa ada kendala sedikitpun karena tanpa anugerah yang diberikan Allah niscaya ia dalam kesengsaraan yang tak tahu akhirnya.

Abu Naim al-Asfihani dalam kitab Hilyat Al-Aulia mengutip perkataan Imam Wahb yang menjelaskan nikmat yang paling agung,

عن وهب، قال: ” رءوس النعم ثلاثة: فأولها نعمة الإسلام التي لا تتم نعمة إلا بها، والثانية: نعمة العافية التي لا تطيب الحياة إلا بها، والثالثة: نعمة الغنى التي لا يتم العيش إلا بها

Dari Imam Wahb berkata:”Nikmat yang paling agung ada tiga. Pertama, Nikmat Islam yang menjadikan sempurna kenikmatan yang lain.
Kedua, nikmat kesehatan yang akan menambah ketentraman hidup.
Ketiga, Nikmat tercukupi segala kebutuhan yang menjadikan hidup semakin nyaman.

baca juga: Saat Kamu sering Silahturahmi, ini 10 Keutamaan yang akan Didapatkan

Dari penjelasan ini, sebagai seorang muslim harus menyadari dan memahami akan nikmat besar berupa hidayah untuk memeluk agama islam karena hal ini sebagai kunci keselamatan di dunia dan akhirat.

Seorang muslim akan bertambah sempurna bila  diberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga mampu menjalankan ajarannya apalagi bertambah berkah bila tercukupi urusan materi yang ia butuhkan. Maka dari itu orang yang bersyukur hidupnya akan makmur. Sedangkan orang yang kufur, hidupnya akan tersungkur dan akan mengalami kesusahan di alam kubur.

baca juga: Perbedaan Kufur Dan Syirik, Ini Penjelasannya

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *