3 Penyebab Kehancuran Umat-umat Terdahulu - masholeh.com
0 views

3 Penyebab Kehancuran Umat-umat Terdahulu

Sejarah kehidupan manusia terdahulu sangatlah berharga bagi generasi setelahnya baik berupa kejayaan, kesuksesan maupun hancurnya sebuah peradaban manusia disebabkan keangkuhan dan keserakahan para pemimpin yang dzalim kepada rakyatnya. Ini tiga penyebabnya.

jaga lisan, cara memanggil

jaga lisan

Sejarah kehidupan manusia terdahulu sangatlah berharga bagi generasi setelahnya baik berupa kejayaan, kesuksesan maupun hancurnya sebuah peradaban manusia disebabkan keangkuhan dan keserakahan para pemimpin yang dzalim kepada rakyatnya.

Syeh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nashoihul Ibad mengutip perkataan Imam Ibrahim An Nakhai:


إِنَّمَا هَلَكَ مَنْ هَلَكَ قَبْلَكُمْ بِثَلَاثِ خِصَالٍ : بِفُضُوْلِ الْكَلَامِ وَفُضُوْلِ الطَّعَامِ وَ فُضُوْلِ الْمَنَامِ

Sesungguhnya hancurnya umat terdahulu sebelum kalian dikarenakan tiga hal: pertama, banyak bicara hal yang tak berguna. Kedua, mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Ketiga, Terlalu banyak tidur.

baca juga

4 Penyebab Seseorang Meninggal dalam Keadaan Su’ul Khatimah

Dari pernyataan ini dapat dipahami bahwa penyebab kehancuran sebuah bangsa, porak-poranda tatanan masyarakat berawal dari individu- individu yang selalu bersikap berlebihan sampai melampaui batas kewajaran. Ini penjelasan selengkapnya

Pertama. Dampak banyak bicara tapi kurang kerja. Bila manusia merenung tentang dirinya sendiri maka ia akan mendapati bahwa Tuhan telah mengajarkan banyak kehidupan terutama tentang anggota badan, misalnya Allah menciptakan lisan manusia hanya satu dan telinga ada dua mengisyaratkan akan pentingnya selalu banyak mendengar daripada banyak komentar.

Pada dasarnya kesalahan terbesar yang dilakukan oleh manusia sejak zaman dahulu disebabkan lisan yang tak terkendali, mudah menyalahkan bahkan memfitnah orang lain yang tak bersalah sekaligus. Terpelesetnya lidah susah dikendalikan bahkan lebih tajam daripada pedang.

Baca juga:

6 Sifat Hati Manusia yang penting Kamu Ketahui

Kedua. Efek negatif perut terlalu kenyang sangat berbahaya. Perut manusia merupakan tempat bersarangnya berbagai macam penyakit karena makanan yang selalu dikonsumsi secara berlebihan akan membawa dampak buruk kesehatan seseorang. Misalnya mengkonsumsi gula berlebihan akan menyebabkan penyakit diabetes maupun yang lain. Maka dari itu pola makan kita harus teratur.

Ketiga, terlalu banyak tidur melebihi waktunya, penyebabnya adalah terlalu banyak makan serta tak ada cita-cita tinggi atau keinginan yang ia harapkan, sehingga ia tak tahu target yang akan dicapai dan waktunya terbuang begitu saja.

Kehancuran umat terdahulu dikarenakan Hati mereka sangat keras karena selalu menyibukkan diri untuk mengomentari apapun bahkan yang kita tak ketahui ilmunya, sehingga waktu, tenaga, fikiran dihabiskan untuk hal yang tak ada manfaatnya, bahkan menghabiskan biaya untuk mendukung argument-argumennya.

Disamping itu konsumsi makanan yang berlebihan akan menjadikan seseorang kekenyangan yang berpengaruh kepada pola hidupnya terutama ingin selalu tidur atau bermalas-malasan yang menjadikan umurnya menjadi kurang produktif dan inovatif.

Maka dari itu, ketiga hal diatas sebaiknya dikurangi porsinya agar hidup terasa nyaman, dijauhkan dari permusuhan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *