3 Sifat Tuhan yang ada dalam Diri Manusia menurut Al Ghazali

Manusia mampu memahami Keagungan Allah melalui Ayat-ayatnya, baik dalam Firman-Nya yaitu al-Qur’an ataupun melalui Ayat Kauniyah-Nyaatau alam semesta ini. Imam Al Ghazali memaparkan 3 sifat Tuhan yang ada dalam diri Manusia.

Manusia mampu memahami Keagungan Allah melalui Ayat-ayatnya, baik dalam Firman-Nya yaitu al-Qur’an ataupun melalui Ayat Kauniyah-Nyaatau alam semesta ini.

Berkat akal manusia yang dituntut oleh wahyu, ia mampu menemukan kebenaran yang hakiki. Dalam hal ini, Imam Al-Ghazali dalam kitab Kimiya’ as-Sa’adah menjelaskan bahwa:

من أراد أن ينظر في نفسه وعجائب صنع الله تعالى فيها يحتاج إلى معرفة ثلاثة أشياء من الصفات الإلهية:

Barangsiapa yang ingin merenungi dirinya dan keajaiban ciptaan-Nya maka dibutuhkan pengetahuan atau makrifat akan tiga hal dari sifat-sifat ketuhanan.

Pertama, Harus mengetahui bahwa sang pencipta mampu menciptakan segala-galanya dengan sifat kesempurnaan, tak ada sedikitpun sifat lemah bagi-Nya. Tak ada sesuatu yang lebih mengherankan daripada penciptaan manusia dari air yang menjijikkan, kemudian menjadi manusia yang sempurna anggota badannya. Maka dari itu, Allah mampu dengan mudahnya membangkitkan manusia setelah hancur binasa.

Baca juga: Kepedulian Sosial Mendekatkan Diri Kepada  Tuhan

Kedua, Mengakui bahwa Allah mengetahui segal-galanya, maka tak mungkin ada keajaiban dalam diri manusia bila Allah tak mengetahui ilmunya.

Ketiga, Memahami bahwa kasih sayang, rahmat-Nya terhadap segala sesuatu diperuntuhkan untuk manusia, mulai tumbuhan, hewan, barang tambang, beragam jenis warna.

Baca juga: Dibalik Rahmat Tuhan

Maka dari manusia harus berfikir tentang dirinya, supaya ia menemukan keagungan Pencipta-Nya, dengan memperbanyak rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan kepadanya.

Leave a Reply