4 Golongan yang Mendapatkan Balasan Amalnya di Dunia dan Akhirat

Menurut Imam al-Muhasibi, ada empat golongan yang akan mendapatkan balasannya di dunia dan akhirat.

Allah memang Maha Adil memberikan pahala sesuai yang yang dilakukan hambanya serta membalas kejahatan sesuai yang ditelaah ia perbuat, tak ada kecurangan sedikitpun. Berbeda dengan manusia yang seringkali mendzalimi diri sendiri dan orang lain tanpa ia sadari atau sengaja melakukannya demi memperoleh ambisi pribadi atau kelompoknya terutama bila ia merasa banyak pengikutnya.

Abu Abdurrahman as-Sulami dalam Tabaqat As-Sufiyah mengutip pernyataan Imam al-Muhasibi yang menjelaskan bahwa ada empat golongan yang akan mendapatkan balasannya di dunia dan akhirat.

Pertama, Orang Dzalim akan menyesali perbuatannya walaupun banyak orang yang memujinya.

Kedua, Orang yang teraniaya akan mendapatkan keselamatan walaupun banyak orang yang mencelanya.

Ketiga, Orang yang memiliki sifat Qana’ah (menerima pemberian Allah) akan merasa cukup walaupun ia seringkali dalam keadaan lapar.

Keempat, Orang yang rakus akan selalu merasa kurang walaupun ia memiliki banyak harta benda.

Hal senada juga disampaikan oleh Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin yang menyebutkan bahwa pokok segala kemaksiatan ada tiga hal. Pertama, sifat sombong (takabur). Kedua, rakus (al-Hirsu). Ketiga, dengki (hasad).

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa orang yang melakukan kejahatan, kedzaliman
walaupun banyak pendukungnya akan merasakan penyesalan yang mendalam terutama bagi dirinya sendiri. Begitu juga orang yang bersabar dalam dalam menghadapi fitnah, kedzaliman maka akan merasakan keuntungan yang berlipat ganda serta mulia dunia dan akhirat.

Leave a Reply