4 Syarat Ibadah yang Akan Diterima oleh Allah - masholeh.com
0 views

4 Syarat Ibadah yang Akan Diterima oleh Allah

Ibadah merupakan salah satu tujuan dasar diciptakannya manusia ke bumi ini, hal ini sebagai bukti bahwa dirinya harus menyadari tugasnya agar tak menjadi manusia yang binasa karena lupa akan jati dirinya. ini syarat agar ibadah diterima oleh Allah.

ibadah, wudhu

ibadah, wudhu

Ibadah merupakan salah satu tujuan dasar diciptakannya manusia ke bumi ini, hal ini sebagai bukti bahwa dirinya harus menyadari tugasnya agar tak menjadi manusia yang binasa karena lupa akan jati dirinya. Orang yang tak mau beribadah kepada-nya berarti telah menyimpang dari kudratnya sebagai manusia.

Menurut Abu Ali Ad-Daqqaq yang dikutip oleh Imam Qusyairi dalam Risalahnya menjelaskan bahwa ibadah ditujukan untuk orang mukmin yang awam. Sedangkan Ubudiyah ditujukan untuk orang khusus yang dicintai oleh Allah. Adapun para Nabi menempati tingkatan Ubudah yang merupakan tingkatan tertinggi disisi Allah.

Syeh Ihsan Jampes dalam karya monumental yang berjudul Sirajut Thalibin mengutip penjelasan Ibnu Ataillah:

اﻟﻌﺒﻮﺩﻳﺔ ﻓﻲ ﺃﺭﺑﻊ : اﻟﻮﻓﺎء ﺑﺎﻟﻌﻬﻮﺩ ﻭاﻟﺤﻔﻆ ﻟﻠﺤﺪﻭﺩ ﻭاﻟﺮﺿﺎ ﺑﺎﻟﻤﻮﺟﻮﺩ ﻭاﻟﺼﺒﺮ ﻋﻦ اﻟﻤﻔﻘﻮﺩ

Para kekasih Allah mendapatkan derajat yang tinggi dalam ibadah(Ubudiyah) setelah mereka melakukan empat hal ini.
Pertama, Selalu menepati janji atau kewajiban yang harus ditunaikan. Kedua, Selalu menjaga diri dari segala yang dilarang oleh Allah. Ketiga, Selalu menerima (Ridha) akan pemberian yang Maha Kuasa. Keempat, Selalu Sabar atas segala musibah atau ujian yang dihadapi.

Keempat hal diatas merupakan kunci agar ibadah seseorang diterima, karena bila seseorang beribadah tanpa ilmu maka ibadahnya tak sesuai tuntunan yang akhirnya akan menyesatkan dirinya dan orang lain. Disamping itu kesabaran dalam menjalankan kewajiban sebagai modal seseorang akan mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Dari penjelasan ini, orang mukmin harus menjalankan kewajiban serta menjauhi segala larangan agar mendapatkan Ridha-Nya sehingga hidupnya tertata dan ibadahnya diterima oleh Sang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.