5 Golongan ini akan Baik bila Sesuai Tempatnya - masholeh.com
1 views

5 Golongan ini akan Baik bila Sesuai Tempatnya

Allah tak pernah mendzalimi hambanya apalagi membebani kepada hambanya tentang sesuatu yang tak mampu dilakukan. Hal ini, patut dicontoh untuk manusia agar menempatkan sesuatu pada tempatnya, juga pada ahlinya sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

Allah memang Maha Adil mengetahui kebutuhan kondisi hamba-Nya, Ia tak langsung mengkabulkan doa yang ia panjatkan, Karena Ia mengetahui akhir Segala-galanya, Ia memberikan sesutu sesuai kebutuhan yang dibutuhkan hambanya.

Dan Dia juga Maha sempurna, menciptakan makhluknya dengan memberikan hikmah-hikmah yang terkandung didalamnya. Salah satu buktinya adalah Allah tak pernah mendzalimi hambanya apalagi membebani kepada hambanya tentang sesuatu yang tak mampu dilakukan. Hal ini, patut dicontoh untuk manusia agar menempatkan sesuatu pada tempatnya, juga pada ahlinya sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

Baca juga:http://masholeh.com/islam-mengatur-anak-anak-saat-di-masjid/

Syeh Abdurrahman as-Sulami dalam Tabaqat As-Sufiyah mengutip perkataan Muhammad bin Ali:

ﺻﻼﺡ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺻﻨﺎﻑ ﻓﻲ ﺧﻤﺴﺔ ﻣﻮاﻃﻦ ﺻﻼﺡ اﻟﺼﺒﻴﺎﻥ ﻓﻲ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺻﻼﺡ اﻟﻘﻄﺎﻉ ﻓﻲ اﻟﺴﺠﻦ ﻭﺻﻼﺡ اﻟﻨﺴﺎء ﻓﻲ اﻟﺒﻴﻮﺕ ﻭﺻﻼﺡ اﻟﻔﺘﻴﺎﻥ ﻓﻲ اﻟﻌﻠﻢ ﻭﺻﻼﺡ اﻟﻜﻬﻮﻝ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺎﺟﺪ

Lima golongan ini akan menjadi baik bila ditempatkan di tempat yang sesuai.

Pertama, tempat yang sesuai bagi anak-anak adalah di Sekolahan. Kedua, Para begal, jambret sebaiknya di Penjarakan saja. Ketiga, Para Wanita akan menjadi baik bila waktunya lebih banyak di Rumah. Keempat, Para remaja akan menjadi baik bila diberikan d ilmu pengetahuan yang cukup. Kelima, Orang yang sudah berumur sebaiknya lebih banyak menghabiskan waktunya di Masjid untuk beribadah.

baca juga: http://masholeh.com/cara-mengkombinasikan-keshalehan-spiritual-dan-sosial/

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa lima golongan diatas akan menjadi baik sesuai kondisi dan perkembangan dirinya, misalnya seorang anak akan berkembang kecerdasannya bila diajarkan tata cara beretika di sekolah dan juga didukung oleh orangtuanya dirumah. Sayangnya kebanyakan orang tua hanya memasrahkan anaknya ke sekolah saja tanpa adanya pengawasan diluar sekolah sehingga yang terjadi anak berkembang dengan pengaruh negatif dari lingkungan sekitarnya.

Begitu juga Persoalan ekonomi yang kurang memadai, menjadi penyebab seseorang akan melakukan kejahatan dan tak ada tempat yang pantas bagi para penjahat kecuali di penjara atau tempat pengasingan agar ia jera.

Di era ini, Para perempuan mudah mengakses informasi bahkan pekerjaan mudah didapatkan, mereka juga bisa berkarir seperti para lelaki bahkan sejajar dihadapan hukum, namun jangan sampai aktivitas kegiatannya mengalahkan daripada suaminya, karena perempuan juga harus mengurus anak-anaknya dengan bekal ilmu pengetahuan dan akhlak yang mulia sehingga kelak menjadi orang yang baik bagi dirinya dan orang lain serta taat beribadah, salah satunya meramaikan Masjid sebagai simbol persatuan umat Islam.

Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *