5 Hal yang Sulit dikalahkan oleh Manusia

Allah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, ada langit juga ada bumi, ada laki-laki juga ada perempuan, ada yang pintar juga ada yang terlantar, ada yang kaya juga ada yang kurang biaya, ada yang sehat juga ada yang sakit, ada lawan ada kawan.

Setiap manusia ada yang menjadi pemenang juga ada yang jadi pecundang. Imam Hatim al-Asham menjelaskan seorang mukmin sulit mengalahkan lima hal ini.

Pertama, Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam, tak ada satupun makhluk yang mampu menandingi atau mengalahkan-Nya karena segala kekuatan berasal dari-Nya.

Baca juga: https://masholeh.com/ini-musuh-yang-paling-berbahaya/

Kedua, manusia tak mampu lari dari ketentuan Allah (qadha). Bila Allah telah menetapkan sesuatu kepada hambanya maka tak ada satupun yang mampu menghalanginya.

Ketiga, Urusan rizki sudah ada ketentuan masing-masing, rizki seseorang tak akan tertukar dengan yang lain.

Keempat, kematian akan mendatangi siapapun yang telah ditetapkan ajalnya, tak ada seorangpun yang mampu lari darinya walau dirinya dikelilingi ribuan tentara.

Baca juga: https://masholeh.com/ini-empat-kategori-musuh-manusia/

Kelima, manusia sulit mengalahkan syaitan karena ia telah berpengalaman daripada manusia, ia pernah penghuni surga mendahului Nabi Adam. Disamping itu, ia juga ahli ibadah dan berpengalaman menggoda manusia.

Dari sini, sehebat apapun jabatan manusia pasti akan lengser, sepintar apapun seseorang akan cepat memudar, sekaya apapun seseorang akan berpisah dengan harta yang dimilikinya. Maka dari itu manusia tak pantas untuk menyombongkan diri soal jabatan, kedudukan, harta, wanita bahkan banyak mobil yang tertata.

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *