DIRI, INFORMASI

6 Cara Mengantisipasi Penyebaran Berita Bohong

Perkembangan teknologi saat ini sangat canggih maka dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih dan memilah segala berita yang kita terima agar tak salah paham dan tak menjadi korban berita kebohongan. Memang perkembangan ini membawa sisi positif dan negatif tergantung manusianya mampu menggunakan dengan bijaksana atau menjadi tertinggal dalam segalanya.

Hidup di dunia tak selamanya, ada batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini sebagai rahasia ilahi yang menjadi teka-teki setiap makhluk-Nya, khususnya manusia. Banyak orang yang dikenal baik, namun berubah sikap dan perilakunya menjelang kematiannya sehingga ia menjadi orang yang binasa. Begitu juga banyak orang yang berbuat kejahatan, namun akhir hayatnya berbuat kebaikan. Semuanya seperti misteri kehidupan.

Salah satu tanda orang yang akan mendapatkan kabar gembira menjelang ajalnya adalah orang yang selalu Istiqomah dalam keimanan dan amal kebaikannya.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin memberikan enam solusi dalam mengahadapi orang yang sering memberikan informasi kepada kita.

Pertama, jangan mudah percaya kepada orang itu, tapi cross check terlebih dahulu agar tak tertipu.

Kedua, melarang orang tersebut agar tak melakukan tindakan adu domba.

Ketiga, membenci prilaku orang tersebut dengan dasar karena Allah bukan karena hawa nafsu.

Keempat, jangan berperasangka buruk kepada orang lain karena hal ini dilarang oleh agama.

Kelima, Jangan mencari-cari kesalahan orang tersebut karena akan menghabiskan waktu yang bermanfaat untuk diri kita.

Keenam, jangan mudah menyebarkan berita yang engkau dapatkan sebelum mengetahui kebenarannya terlebih dahulu.

Hal-hal diatas perlu kiranya dipraktekkan dalam kehidupan agar kita tak terlena bisikan maupun rayuan yang menyesatkan diri sendiri maupun orang lain, maka dibutuhkan sikap selektif dalam menghadapi apapun baik informasi maupun berita yang diterima agar kita tak cepat binasa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *