7 Amalan Bermanfaat setelah Kematian - masholeh.com
1 views
Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Dunia ini sebagai ladang untuk meraih keuntungan akhirat. Sayangnya, banyak orang yang tak mengetahui hal itu sehingga ia terlena dengan gemerlapan sesaat yang  merugikan dirinya sendiri.

Bila manusia sadar akan tanggung jawab yang telah dibebankan kepadanya berupa perintah untuk beribadah dan bermuamalah (bergaul dengan orang lain) dengan akhlak yang baik maka ia akan berusaha memacu diri untuk menyeimbangkan kebutuhan dunia dan akhirat. Urusan dunia penting, tetapi urusan akhirat tak kalah penting.

Imam Ibnu Majah meriwayatkan Hadits yang berisi tentang beberapa amalan-amalan yang bermanfaat ketika seseorang telah merasakan kematian yaitu,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ «ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻠﺤﻖ اﻟﻤﺆﻣﻦ ﻣﻦ ﻋﻤﻠﻪ ﻭﺣﺴﻨﺎﺗﻪ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻪ: ﻋﻠﻤﺎ ﻧﺸﺮﻩ، ﻭﻭﻟﺪا ﺻﺎﻟﺤﺎ ﺗﺮﻛﻪ ﻭﻣﺼﺤﻔﺎ ﻭﺭﺛﻪ، ﻭﻣﺴﺠﺪا ﺑﻨﺎﻩ، ﻭﺑﻴﺘﺎ ﻻﺑﻦ اﻟﺴﺒﻴﻞ ﺑﻨﺎﻩ، ﻭﻧﻬﺮا ﺃﺟﺮاﻩ، ﻭﺻﺪﻗﺔ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﻣﻦ ﻣﺎﻟﻪ ﻓﻲ ﺻﺤﺘﻪ ﻭﺣﻴﺎﺗﻪ ﺗﻠﺤﻘﻪ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻪ. رواه ابن ماجه

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA berkata:”Rasulullah bersabda:”Sesungguhnya amal perbuatan dan kebaikan orang mukmin setelah ia mati yaitu: Pertama, Ilmu yang disebarluaskan. Kedua, meninggalkan anak yang baik (shaleh). Ketiga, mewariskan Mushaf al-Qur’an. Keempat, Membangun masjid. Kelima, membangun rumah untuk orang yang berjuang di jalan Allah. Keenam, mengalirkan sungai. Ketujuh, mengeluarkan sedekah sebagian hartanya dikala sehat dan selama masih hidup. amalan-amalan itu akan bermanfaat setelah ia meninggal dunia. (HR. Ibnu Majah).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa amalan yang bermanfaat setelah kematian diantaranya adalah menyebarkan ilmu lewat menulis buku, mengajar serta amalan yang dapat bermanfaat untuk banyak orang seperti membangun pesantren, kampus dan lainnya maka pahalanya akan selalu mengalir selagi masih digunakan.

Dari sini dapat dipahami bahwa sebelum ajal menjemput seseorang maka dibutuhkan persiapan yang banyak agar tak rugi di dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *