sedekah

7 Hikmah Zakat yang Perlu Dipahami Agar lebih Bermakna

Di dalam Al-Qur’an, banyak ayat yang menjelaskan tentang perintah untuk melaksanakan shalat fardhu diiringi dengan perintah untuk berzakat. Kenapa demikian?

Ternyata Al Qur’an hendak mengingat kepada manusia agar manusia mampu mengkombinasikan serta menyeimbangkan urusan ibadah yang berkaitan dengan Allah juga yang bertalian dengan sesama manusia.

Pada prinsipnya, manusia tak akan mampu hidup dengan sendiri, ia selalu membutuhkan bantuan orang lain. Orang alim butuh kepada orang yang tak berilmu supaya ilmunya bermanfaat dengan cara mengajarkannya.

Baca juga: Agar Zakat, Sedekah Kamu tak Sia-sia, Segera Lakukan Hal penting Ini

Begitu juga orang kaya sangat membutuhkan orang yang kurang biaya.Tujuannya agar si miskin mampu membantu urusan si kaya supaya pekerjaan rumahnya terselesaikan. Seorang pejabat membutuhkan bantuan rakyatnya agar keinginan dan realisasi keinginannya tercapai.

Dari sini dapat dipahami bahwa peranan zakat sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Ada 7 Hikmah Zakat yang perlu dimengerti oleh setiap orang Islam baik laki-laki maupun perempuan. Diantaranya yaitu:

Pertama. Zakat sebagai sarana untuk menghapus dosa-dosa yang telah ia dilakukan

Kedua. Menjadi sebab turunnya rahmat atau kasih sayang Allah.

Ketiga. Sebagai sarana mendapatkan pahala surga.

Baca juga: Mimpi Memberikan Zakat Fitrah, Ini Penjelasannya

Keempat. Sebagai bukti kesempurnaan Islam seseorang.

Kelima. Dijauhkan dari murka Allah.

Keenam. Dapat menjauhkan dari bala’.

Ketujuh. Menyucikan diri dan harta orang yang mau mengeluarkan zakatnya.

Penjelasan ini seharusnya menjadi perhatian penting umat Islam agar ia semakin memahami ajarannya terutama yang menyangkut tujuan pokok dari sebuah ajaran. Hal ini sesuai pernyataan imam As Syatibi dalam kitab Al Muwafaqat yang menjelaskan bahwa mengetahui tujuan pokok sebuah ajaran merupakan ruh yang terkandung dalam intisari amal tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *