8 Keutamaan Ini bila Dilakukan maka akan Mendapatkan Keberkahan Umur

Untuk mendapatkan Keberkahan umur, manusia harus belajar, beramal dan selalu berdoa agar diberikan yang terbaik sesuai petunjuk Allah terutama dengan melakukan delapan keutamaan ini

Seseorang akan selalu berharap keinginannya terpenuhi dan terlaksana dengan baik, namun kadangkala hanya sebagian yang terealisasi bahkan kadang tak ada yang tercapai. Hal ini menunjukkan bahwa manusia hanya berusaha tapi Allah lah yang menentukan segala-galanya.

Untuk mendapatkan Keberkahan umur, manusia harus belajar, beramal dan selalu berdoa agar diberikan yang terbaik sesuai petunjuk Allah. Dalam hal ini Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan bahwa orang yang tak mampu melakukan delapan keutamaan maka lakukanlah delapan hal lain.

ﺃﻭﻟﻬﺎ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ ﺻﻼﺓ اﻟﻠﻴﻞ، ﻭﻫﻮ ﻧﺎﺋﻢ ﻓﻼ ﻳﻌﺺ ﺑﺎﻟﻨﻬﺎﺭ

Pertama, Barangsiapa yang ingin mendapatkankan pahal shalat malam padahal ia tidur maka jangan maksiat di siang hari.

ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ ﺻﻴﺎﻡ اﻟﺘﻄﻮﻉ، ﻭﻫﻮ ﻣﻔﻄﺮ، ﻓﻠﻴﺤﻔﻆ ﻟﺴﺎﻧﻪ

Kedua, barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan puasa Sunnah tapi ia tak puasa maka jagalah lisan.

ﻭاﻟﺜﺎﻟﺚ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻟﻌﻠﻤﺎء، ﻓﻌﻠﻴﻪ اﻟﺘﻔﻜﺮ

Ketiga, Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan menjadi Ulama’ maka selalu bertafakur (berfikir) keagungan Tuhan.

ﻭاﻟﺮاﺑﻊ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻟﻤﺠﺎﻫﺪﻳﻦ، ﻭاﻟﻐﺰاﺓ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﻋﺪ ﻓﻲ ﺑﻴﺘﻪ، ﻓﻠﻴﺠﺎﻫﺪ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ

Keempat, Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan orang yang berjihad, dan berperang menegakkan kalimat Allah padahal ia dirumahnya maka lawanlah (perangilah) syaitan.

ﻭاﻟﺨﺎﻣﺲ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻟﺼﺪﻗﺔ، ﻭﻫﻮ ﻋﺎﺟﺰ، ﻓﻠﻴﻌﻠﻢ اﻟﻨﺎﺱ ﻣﺎ ﺳﻤﻊ ﻣﻦ اﻟﻌﻠﻢ

Kelima, barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan sedekah padahal ia tak mampu maka ajarkanlah ilmu yang ia dengar dan mampu mengerjakannya.

ﻭاﻟﺴﺎﺩﺱ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻟﺤﺞ، ﻭﻫﻮ ﻋﺎﺟﺰ، ﻓﻠﻴﻠﺰﻡ اﻟﺠﻤﻌﺔ

Keenam, barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan haji padahal ia tak mampu maka jaga shalat Jum’at.

ﻭاﻟﺴﺎﺑﻊ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻟﻌﺎﺑﺪﻳﻦ، ﻓﻠﻴﺼﻠﺢ ﺑﻴﻦ اﻟﻨﺎﺱ، ﻭﻻ ﻳﻮﻗﻊ ﺑﻴﻨﻬﻢ اﻟﻌﺪاﻭﺓ ﻭاﻟﺒﻐﻀﺎء.

Ketujuh, barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan ahli ibadah maka damaikanlah manusia dan jangan membuat permusuhan dan kebencian.

ﻭاﻟﺜﺎﻣﻦ: ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ ﻓﻀﻞ اﻷﺑﺪاﻝ، ﻓﻠﻴﻀﻊ ﻳﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﺻﺪﺭﻩ، ﻭﻳﺮﺿﻰ ﻷﺧﻴﻪ ﻣﺎ ﻳﺮﺿﻰ ﻟﻨﻔﺴﻪ

Kedelapan, barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan wali Abdal (pengganti) maka letakkanlah tangan di dadanya dan rela (Ridha) kepada saudaranya seperti ia rela kepada dirinya sendiri.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa Allah tak memberatkan hambanya untuk melakukan sesuatu yang ia tak mampu menjalankannya, namun atas anugerah yang diberikan kepada makhluk-Nya, Namun Allah memberikan solusi bagi orang yang tak mampu menjalankan amalan, ajaran dengan mengganti amalan lain tapi tak mengurangi pahalanya sama sekali.

Leave a Reply