imam al-amidi

Abu Ubaidah bin Jarrah: Sahabat yang digelari Amin Al-Ummah

Salah satu sahabat Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga serta dijuluki sebagai amin al-ummah yaitu Abu Ubaidah bin Jarrah. Ia juga termasuk orang ikut andil dalam perang badar dan perang uhud.

Nama lengkap Abu Ubaidah yaitu Abu Ubaidah Amir bin Abdullah bin Al Jarrah bin Hilal bin Uhaib bin Dhabbah bin Harist bin Fihr bin Malik Al Qurasyi. Ia lebih dikenal dengan nama Abu Ubaidah bin Jarrah. Ia lahir pada tahun 40 sebelum hijrah bertepatan tahun 584 M.

Kisah Islamnya Abu Ubaidah bin Jarrah

Abu Ubaidah bin Jarrah memeluk islam saat permulaan dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad dan termasuk golongan pertama masuk islam (Assabiqun Al Awwalun) setelah Abu Bakar Shiddiq.

Sedangkan menurut Imam Ibnu Sa’ad dalam kitab Tabaqat Al Kubra menjelaskan bahwa Abu Ubaidah masuk islam bersama Usman bin Madz’un dan Abdurrahman bin Auf di rumah Sahabat Arqam (Darul Arqam).

Baca juga:

Abu Ubaidah bin Al Jarrah termasuk sahabat yang membantu perjuangan di awal-awal munculnya Islam.

Ia dan beberapa sahabat membantu Nabi Muhammad dalam berdakwah dan dengan tegar menghadapi orang-orang yang menentang perjuangan Nabi.

Ibadah shalat sujud ruku', ikhlas
Abu Ubaidah bin Jarrah: Sahabat yang digelari Amin Al-Ummah

Keistimewaan Abu Ubaidah bin Al Jarrah

Dalam sebuah Hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari. Ini bunyi hadistnya:

عن ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ  ﻗﺎﻝ: «ﺇﻥ ﻟﻜﻞ ﺃﻣﺔ ﺃﻣﻴﻨﺎ، ﻭﺇﻥ ﺃﻣﻴﻨﻨﺎ ﺃﻳﺘﻬﺎ اﻷﻣﺔ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﻴﺪﺓ ﺑﻦ اﻟﺠﺮاﺡ» رواه البخاري.

Artinya: Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya setiap umat ada Amin (orang yang terpercaya),  dan sesungguhnya orang yang terpercaya dari kalangan umat ini yaitu Abu Ubaidah bin Al Jarrah. (HR.Bukhari).

Imam Al Munawi dalam kitab Fardhu Qadir menjelaskan bahwa maksud dari Al Amin yaitu orang yang dapat dipercaya sehingga hati tak ada keraguan sedikit pun.

Kata Al Amin disematkan Nabi Muhammad kepada Abu Ubaidah bin Al Jarrah dikarenakan orang yang paling terpercaya dibandingkan yang lainnya.

Baca juga:

Imam Abdul Wahhab An Najjaar dalam kitab Al Khulafaur Rasyidin mengutip perkataan Abu Ubaidah bin Jarrah saat peristiwa Saqifah di rumah Sa’ad bin Ubadah

يا معشر الأنصار، إنكم أول من نصر وآزر، فلا تكونوا أول من بدل وغيَّر”.

Artinya: Wahai golongan Anshar, kalian merupakan golongan yang pertama kali menolong (sahabat muhajirin) maka jangan sampai kalian menjadi golongan yang mengganti dan membuat perrubahan.