Kewajiban Menghormati Guru dalam Islam

Adab Meninggalkan Sebuah Majlis

Islam mengatur etika di segala lini kehidupan, mulai bangun tidur sampai mengahadiri sebuah majelis pun sudah diatur sedemikian rupa. Hal ini sesuai misi Nabi yang diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.

Adab atau sopan santun ketika hendak meninggalkan sebuah perkumpulan maka dianjurkan memberikan salam kepada yang lain. Hal ini sesuai Hadits yang berbunyi:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﺇﺫا اﻧﺘﻬﻰ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺠﻠﺲ ﻓﻠﻴﺴﻠﻢ، ﻓﺈﺫا ﺃﺭاﺩ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻡ ﻓﻠﻴﺴﻠﻢ، ﻓﻠﻴﺴﺖ اﻷﻭﻟﻰ ﺑﺄﺣﻖ ﻣﻦ اﻵﺧﺮﺓ”، ﻗﺎﻝ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ: ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda:
“Bila salah satu dari kalian hendak mengakhiri majelis maka ucapkan salam, dan bila hendak meninggalkan sebuah majelis maka ucapkan salam kepada mereka. Maka tidaklah salam ketika pertama hadir lebih utama dari yang terakhir. (HR. Tirmidzi)

Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menjelaskan bahwa Hadits ini sebagai petunjuk bahwa wajib bagi jama’ah yang hadir dalam sebuah majelis menjawab salam orang yang memberikan salam atau orang yang akan hendak meninggalkan majelis juga dianjurkan salam terlebih dahulu.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *