adab saat di masjid

Agar Amal Ibadahmu diterima, Lakukanlah Hal-hal Ini

Setiap manusia berharap amal ibadahnya diterima oleh Sang Maha Kuasa. Namun berapa banyak orang yang beramal tapi tak mendapatkan apapun dari yang ia lakukan baik urusan dunia atau akhirat dikarenakan tak memiliki ilmu pengetahuan.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh manusia agar amal ibadahnya diterima oleh Allah seperti yang dijelaskan oleh Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin.

Baca juga: http://masholeh.com/ini-penghalang-dalam-beribadah-menurut-imam-al-ghazali/

Pertama, mengetahui ilmunya. Ibadah apapun yang dikerjakan tapi tidak didasari dengan ilmu maka tak akan diterima. Maka dari itu sebelum mengerjakan sesuatu harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu.

Kedua, Harus ada niat saat memulai pekerjaan apapun. Niat sangat penting karena menjadi dasar diterimanya amal perbuatan.

Baca juga: http://masholeh.com/4-syarat-ibadah-seseorang-akan-diterima-allah/

Ketiga, sabar dalam menjalankannya. Hal ini agar manusia merasakan ketenangan hati saat mengerjakan sesuatu hal sampai menjadi sempurna.

Keempat, setelah selesai melakukan ibadah atau yang lain maka kita harus mengikhlaskan dengan tak mengungkit-ungkit atau membanggakan amalan yang telah dilakukan.

Keikhlasan ini harus ditanamkan diawal permulaan ibadah dan sampai selesai mengerjakannya. Hal ini bertujuan agar manusia sadar apa yang ia lakukan murni atas izin dari Allah bukan semata-mata dari dirinya sendiri.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *