Agar Hidup Berkah Dunia Akhirat, Lakukan Hal-hal Ini

untuk mencari keberkahan (bertambah kebaikan) dalam segala urusan baik secara materi maupun non materi. Untuk mendapatkan keberkahan dibutuhkan kombinasi antara ilmu dan amal. Alasan amal seseorang tak akan diterima oleh Allah bila tak didasari ilmu karena ilmu sebagai imamnya amal perbuatan. Ini Kunci mendapatkan keberkahan hidup

Tujuan orang hidup di dunia ini adalah untuk mencari keberkahan (bertambah kebaikan) dalam segala urusan baik secara materi maupun non materi. Untuk mendapatkan keberkahan dibutuhkan kombinasi antara ilmu dan amal. Alasan amal seseorang tak akan diterima oleh Allah bila tak didasari ilmu karena ilmu sebagai imamnya amal perbuatan.

Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya Mafatih al-Gaib memberikan tips untuk mendapatkan keberkahan dimanapun ia berada.

اﻃﻠﺐ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻣﻦ ﺃﺭﺑﻌﺔ: ﻣﻦ اﻟﻤﻮﺿﻊ اﻟﺴﻼﻣﺔ، ﻭﻣﻦ اﻟﺼﺎﺣﺐ اﻟﻜﺮاﻣﺔ، ﻭﻣﻦ اﻟﻤﺎﻝ اﻟﻔﺮاﻏﺔ ﻭﻣﻦ اﻟﻌﻠﻢ اﻟﻤﻨﻔﻌﺔ

Carilah empat keistimewaan ini pada empat hal yang lain. Pertama, carilah keselamatan dimanapun berada. Kedua, carilah kemuliaan dalam pergaulan. Ketiga, bekerjalah untuk mencari rizki untuk persiapan saat pensiun. Keempat, carilah ilmu yang bermanfaat.

Bila tak ada tempat yang aman maka penjara lebih baik bagi dirinya. Dan bila seseorang tak menemukan kenyamanan dan keharmonisan dalam persahabatan maka hewan lebih utama sebagai temannya.
Bila harta seseorang tak memberikan kenyamanan dan kecukupan maka tanah lebih baik baginya. Dan bila engkau tak mendapatkan kemanfaatan ilmu maka mati lebih baik bagi dirimu.

Maka dari itu kunci keberkahan terletak pada kemampuan seseorang dalam mengatur, mengarahkan dirinya untuk selalu memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ia miliki supaya lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply