Agar Kejelekan Kita Ditutupi Oleh Allah, Lakukanlah Hal Ini

Pada hakikatnya tak ada manusia yang sempurna, semua mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan sesuatu yang ditakuti oleh manusia adalah manakala aib atau kejelekannya terbongkar, terungkap ke permukaan lebih-lebih terekspos pemberitaan sehingga ia berusaha untuk menutupinya agar rahasianya terjaga.

Agar Aib atau kejelekan kita tak terbongkar oleh orang lain, dalam hal ini Nabi memberikan nasehat yang sangat bijaksana untuk diterapkan dalam kehidupan, yaitu tertuang dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari,

ﻣﻦ ﺳﺘﺮ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﺳﺘﺮﻩ اﻟﻠﻪ ﻳﻮﻡ اﻟﻘﻴﺎﻣﺔ. رواه البخاري

Artinya;”Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat. (HR. Bukhari).

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan maksud hadits diatas bahwa orang yang menutup kekurangan orang lain maka Allah tak akan mempermalukan dirinya didepan semua makhluknl-Nya akan dosa maupun kesalahan yang diperbuat olehnya serta akan dipermudah perhitungan amalnya.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia akan diminta pertanggungjawaban diakhirat kelak, bila ia berbuat baik maka ia akan melihat balasan kebaikan itu, sebaliknya bila manusia mendzalimi orang lain maka Allah akan membalasnya dengan setimpal. Begitu juga orang yang mau menutupi kekurangan orang lain maka Allah akan menutupi segala kejelekannya, maka dari itu jaga rahasia diri sendiri dan rahasia orang lain agar mendapatkan kemuliaan diakhirat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *