jaga lisan, cara memanggil

Agar Lisan Selalu Mendapatkan Pahala, Lakukanlah Hal-hal Ini

Keimanan seseorang akan menjadi lebih sempurna bila hati selalu membenarkan segala yang diperintahkan oleh Allah dan juga mempraktekkan amal perbuatan menggunakan anggota badan serta akan bertambah bermakna bila lisan selalu terjaga dari berbagai macam dosa seperti ucapan yang mengandung fitnah atau ujaran kebencian.

Lisan yang tak terjaga akan membawa dampak buruk kepada diri sendiri dan merugikan orang lain, agar lisan selalu mendapatkan pahala maka lakukanlah hal-hal positif seperti yang diungkapkan oleh Imam Muhammad Ali bin Alan yang tertuang dalam kitab Dalil Al-Falihin,

ﻭﺃﻋﻤﺎﻝ اﻟﻠﺴﺎﻥ ﺗﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻊ ﺧﺼﺎﻝ: اﻟﺘﻠﻔﻆ ﺑﺎﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﺗﻼﻭﺓ اﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﺗﻌﻠﻢ اﻟﻌﻠﻢ ﻭﺗﻌﻠﻴﻤﻪ؛ ﻭاﻟﺪﻋﺎء ﻭاﻟﺬﻛﺮ ﻭﻳﺪﺧﻞ ﻓﻴﻪ اﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﻭاﺟﺘﻨﺎﺏ اﻟﻠﻐﻮ

Amalan yang dilakukan oleh lisan memuat tujuh hal.
Pertama, Mengucapkan kalimat Tauhid yaitu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدا رَسُولُ اللّهِ

Kedua, Membaca Al-Qur’an. Ketiga, Mempelajari ilmu. Keempat, Mengajarkan ilmu. Kelima, Doa. Keenam, dzikir termasuk didalamnya adalah membaca istighfar. Ketujuh, menjauhi hal-hal yang tak berfaedah.

Bila ketujuh amalan tadi diamalkan niscaya lisan kita akan dipenuhi pahala bukan dosa. Karena pada dasarnya orang menjadi celaka disebabkan lisan yang mudah memfitnah orang lain, lisan digunakan untuk adu domba atau mengumpat. Maka dari itu agar seseorang menjadi selamat sebelum berucap harus dipikir terlebih dahulu sehingga ucapannya tak menyinggung orang lain.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *