pesan abu darda'

Agar menjadi Pribadi yang Baik, Lakukanlah Empat hal ini

Seseorang dikenal menjadi baik dihadapan Allah dan makhluk-Nya tidak dilihat dari ibadahnya saja namun dilihat prilaku baik kepada sesama manusia maupun dengan alam sekitarnya. Hubungan vertikal dengan Allah harus baik, begitu juga hubungan horizontal dengan orang lain harus baik. Urusan dunia harus seimbang dengan urusan akhirat.

Fenomena akhir-akhir ini, banyak orang yang yang mulai melakukan ketaatan setelah dirinya sering sakit-sakitan. Banyak orang yang mengaku sudah berhijrah setelah hidupnya semakin parah dan mulai tak terarah. Berapa banyak orang yang mulai tersadar setelah karirnya mau pudar.

Dalam mengantisipasi fenomena yang terjadi saat ini maka untuk menjadi pribadi yang baik maka ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti perkataan  Abu Hatim yang dikutip oleh dalam Tabaqat as-Sufiyah yang berbunyi,

اطلب نفسك في أربعة أشياء العمل الصالح بغير رياء والأخذ بغير طمع والعطاء بغير منة والإمساك بغير بخل

Terapkanlah pada dirimu empat hal ini. Pertama, berbuat kebaikan dengan ikhlas tanpa ada niat riya’ (pamer). Kedua, mengambil sesuatu tanpa ada rasa tamak (mengharap pemberian orang lain). Ketiga, memberikan sesuatu tanpa ada tujuan untuk diungkit kembali. Keempat, menahan diri agar tak terlalu boros tanpa ada niat untuk pelit.

Hal-hal diatas bila dipraktekkan dalam kehidupan maka akan memberikan ketenangan hati dan jiwa serta akan membawa perubahan positif bagi dirinya dan sekitarnya. Pada dasarnya ilmu akan menjadi bermanfaat jika diamalkan karena buah dari ilmu adalah amal. Tanpa adanya ilmu ibadah tak akan diterima. Begitu juga ilmu tanpa adanya amal akan menjadi sia-sia alias kurang bermakna.




Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *