ilmu

Agar Rahmat Allah selalu Turun, Amalan Ini Perlu Dilakukan

Saat Rahmat Allah selalu turun kepada manusia maka hidupnya terasa aman, nyaman, serta dijauhkan dari segala hal yang tak mengenakkan seperti dalam urusan ekonomi yang tak kunjung terayomi, urusan sosial yang seringkali bikin sial, maupun keamanan yang selalu diidam-idamkan.

Islam memberikan solusi dalam berbagai dimensi kehidupan mulai urusan materi maupun non materi, spiritual maupun sosial.

Agar kehidupan seseorang dipenuhi dengan Rahmat Tuhan, serta masyarakat diberikan keselamatan maka dianjurkan untuk selalu belajar dan mengadakan tadarus Al-Qur’an terutama di Masjid, musholla ataupun di rumah masing-masing.

doa, amalan
Agar Rahmat Allah selalu Turun, Amalan Ini Perlu Dilakukan

Hal ini sesuai anjuran Nabi Muhammad Saw

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ , ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻣﺎ اﺟﺘﻤﻊ ﻗﻮﻡ ﻓﻲ ﺑﻴﺖ ﻣﻦ ﺑﻴﻮﺕ اﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ , ﻳﺘﻠﻮﻥ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻠﻪ , ﻭﻳﺘﺪاﺭﺳﻮﻧﻪ ﺑﻴﻨﻬﻢ , ﺇﻻ ﻧﺰﻟﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ اﻟﺴﻜﻴﻨﺔ ﻭﻏﺸﻴﺘﻬﻢ اﻟﺮﺣﻤﺔ , . ﻭﺣﻔﺖ ﺑﻬﻢ اﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﻭﺫﻛﺮﻫﻢ اﻟﻠﻪ ﻓﻴﻤﻦ ﻋﻨﺪﻩ»

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: tidaklah sebuah kaum berkumpul di baitullah untuk membaca, bertadarus terhadap kitab Allah (Al Qur’an) maka turunlah ketenangan (sakinah) dan Rahmat Allah serta Malaikat selalu mengelilinginya (mendoakan) dan Allah memberikan Rahmat kepada orang yang ada di sekitarnya. (HR. Muslim)

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Tibyan fi Hamalatil Qur’an menjelaskan bahwa dianjurkan mengadakan tadarus Al-Qur’an, membaca secara bergantian, ada yang membaca juga ada yang mendengarkan serta mengoriksi bacaan bila ada yang salah.

Tradisi ini sekarang sudah jarang dilakukan bahkan seringkali ditemui saat bulan ramadhan saja. Padahal kegiatan ini sangat baik untuk selalu dilakukan karena pahala dan dampak positifnya bisa saja langsung dirasakan.

Dari sini, salah satu cara agar selalu diberikan Rahmat oleh Allah sehingga terhindar dari berbagai bencana maka umat Islam dianjurkan untuk selalu mengkaji Al Qur’an dengan membaca, menelaah arti dan penjelasannya serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)