Agar Selalu Diberikan Keselamatan di Dunia, Lakukan Hal-hal ini

Dunia ini sebagai ladang menuju akhirat serta sebagai ujian kepada manusia agar baik amal perbuatannya. Di dalamnya ada ribuan bahkan jutaan intrik godaan yang akan menyesatkan manusia. Maka dari itu harus mengetahui tips-tips agar bisa terhindar dari segala macam godaan yang menyesatkan.

Baca juga: http://masholeh.com/kategori-orang-yang-beruntung-dunia-akhirat/

Syeh Zainuddin al-Malibari dalam Hidayatul Adzkiya’ menjelaskan:

لِسَلاَمَةِ الدُّنْيَا خِصَالٌ أَرْبَعٌ * غَفْرٌ لِجَهْلِ القَوْمِ مَنْعُكَ تَجْهَلاَ

وَتَكُونَ مِنْ سَيْبِ الأُنَاسي آيِسًا * وَلِسَيْبِ نَفْسِكَ للأُنَاسِي بَاذِلاَ

Agar manusia selamat dalam menghadapi kehidupan di dunia ini, maka lakukanlah empat hal ini: Pertama, Memaafkan kesalahan orang lain disebabkan ketidaktahuan atau kealpaannya. Kedua, Tidak mengikuti prilaku orang yang bodoh. Ketiga, tak tama'(mengharapkan pemberian) akan harta orang lain. Keempat, Selalu berbagi dengan orang lain, atau peduli kepada orang yang kesusahan.

Baca juga: http://masholeh.com/kategori-nikmat-dunia-menurut-imam-al-ghazali/

Keempat hal diatas bila dipraktekkan dalam kehidupan, maka ia akan selalu dicintai oleh orang lain, dan ia selalu diberikan keselamatan oleh Allah, karena pada dasarnya bila seseorang selalu memaafkan kesalahan, memaklumi kekurangan orang lain, ia akan selalu berpikir positif dan tak terlalu menggubris perbuatannya, apalagi meladeni debat dengannya.

Begitu juga orang yang selalu berharap pemberian orang lain bisa dipastikan dirinya tak mampu hidup mandiri karena selalu bergantung kepada orang lain, perbuatan ini harus segera dijauhi agar hidupnya semakin mulia.

Baca juga: http://masholeh.com/dalam-urusan-ibadah-manusia-dibagi-tiga-kategori/

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *