Agar Shalat bertambah Khusyu', lakukanlah Hal-hal Ini - masholeh.com
0 views
shalat jamaah

shalat jamaah

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Orang yang beruntung adalah orang yang khusyu’ dalam shalatnya. Ternyata untuk mencapai tahapan ini membutuhkan proses pembelajaran panjang yang harus dilakukan terus menerus, karena banyak godaan yang selalu hadir di benak orang yang sedang shalat, baik urusan duniawi, ataupun keraguan yang sengaja ditebarkan oleh syaitan.

Baca juga: http://masholeh.com/mengupas-esensi-shalat/

Syeh Nawawi al-Bantani dalam kitab Bahjatul Wasail menjelaskan bahwa ada hal-hal yang menjadikan khusu’ dalam shalat, diantaranya adalah:

Pertama, Anggota badan harus tenang (سكون الأعضاء), tak banyak bergerak untuk hal yang tak terkait dengan Shalat.

Kedua, Menghadirkan Hati(حضور القلب) untuk melakukan Shalat, serta menghindarkan, atau melupakan segala sesuatu yang tak ada kaitan dengan Shalat, serta fokus beribadah mengahadap Dzat yang menciptakan segala-galanya.

Baca juga: http://masholeh.com/tips-agar-shalat-menjadi-lebih-sempurna/

Ketiga, Memahami bacaan Shalat (تدبر القراءة) walau secara global akan menambah konsentrasi Shalat.

Keempat, Memahami bacaan Dzikir (تدبر الذكر). Hal ini akan menambah khidmat shalat sebagai komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya, terutama memahami bacaan Tahmid, Tasbih, Tasyahhud dan lainnya.

Hal-hal diatas bila dipraktekkan akan menambah kekhusyukan dalam shalat, sehingga shalat mampu untuk menjadi tameng dari perbuatan yang keji dan dari segala kemungkaran.

Baca juga: http://masholeh.com/lakukanlah-tiga-hal-ini-niat-shalat-menjadi-lebih-sempurna/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *