Agar tak Cepat Emosi, Ikuti Nasehat Nabi Ini - masholeh.com
0 views
tertipu, emosi

tertipu, emosi

Bila seseorang sedang marah maka mintalah perlindungan kepada Allah agar kemarahannya menjadi reda

Seseorang akan emosi, marah, kesal bila selalu dihina, tak dihargai pendapat maupun pengorbanannya. Pada prinsipnya manusia ingin dimengerti, dihormati oleh orang lain. Hal itu hanya harapan semata bila ia tak memulai terlebih dahulu.

baca juga: Pahala bagi Orang yang Mampu Meredam Emosi dan Cara Penanganannya

Nabi memberikan nasehat bijaksana kepada orang yang mudah emosi, marah-marah tak jelas sehingga orang lain menjauhinya dengan cara selalu berwudhu. Hal ini seperti Hadist Nabi,

ﻋﻦ ﻋﻄﻴﺔ ﺑﻦ ﻋﺮﻭﺓ اﻟﺴﻌﺪﻱ اﻟﺼﺤﺎﺑﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﺇﻥ اﻟﻐﻀﺐ ﻣﻦ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ، ﻭﺇﻥ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﺧﻠﻖ ﻣﻦ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺗﻄﻔﺄ اﻟﻨﺎﺭ ﺑﺎﻟﻤﺎء، ﻓﺈﺫا ﻏﻀﺐ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻠﻴﺘﻮﺿﺄ. رواه أبو داود

Artinya:” Diriwayatkan dari Atiyah bin Urwah as-Sa’di, ia seorang sahabat RA berkata: Rasulullah bersabda: ” Sesungguhnya kemarahan berasal dari syaitan, sedangkan syaitan diciptakan dari api, maka matikan lah api dengan air. Bila salah satu dari kalian marah maka berwudhulah. (HR. Abu Dawud).

baca juga: Alasan Umar bin Khattab Memilih Diam ketika Dimarahi Istri

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa kemarahan seseorang berasal dari Waswas yang dibisikkan syaitan kepadanya agar ia menjadi orang yang tersesat. Sedangkan menurut Imam at-Thayyibi menjelaskan bila seseorang sedang marah maka mintalah perlindungan kepada Allah agar kemarahannya menjadi reda.

Dari penjelasan ini penting kiranya seseorang selalu berwudhu agar terhindar dari sikap cepat emosi dan mudah marah-marah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *