Manusia mudah tergiur akan godaan dunia baik disebabkan harta ataupun tahta. Orang rela melakukan apapun asalkan keinginannya terwujud walau sampai menjual harga diri atau menghalalkan segala cara.

Sumber permasalahan yang sering terjadi di masyarakat adalah perang pengaruh untuk mendapatkan kedudukan atau jabatan yang diinginkannya. Bahkan ditempat kerja pun tak lepas dari sebagian oknum yang rela mati-matian mendapatkan jabatan strategis.

Baca juga: http://masholeh.com/jabatan-penting-etika-jauh-lebih-penting/

Hal ini sesuai perkataan Abu Usman yang dikutip oleh Abu Naim al-Asfihani dalam kitab Hilyat Al-Aulia yaitu,

أصل العداوة من ثلاثة أشياء: من الطمع في المال والطمع في إكرام الناس والطمع في قبول الناس

Sumber permusuhan berawal dari tiga hal ini. Pertama, disebabkan tamak atau terlalu berharap harta orang lain. Kedua, terlalu gila penghormatan atau pujian dari manusia. Ketiga, Tamak atau berharap bisa diterima semua kalangan.

Baca juga: http://masholeh.com/larangan-berambisi-mendapatkan-jabatan/

Dari tiga hal diatas, tamak sangat dilarang oleh agama maupun norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat karena  termasuk sifat yang kurang terpuji. ini berawal dari ambisi dari dalam diri manusia yang ingin mendapatkan sesuatu namun tidak dibarengi usaha yang maksimal. Akhirnya ia berusaha dengan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh agama demi tercapainya harapan yang selalu didambakan.

Imam Qusyairi dalam risalahnya mengutip perkataan seorang ulama besar yang bernama Dzun Nun Al-Misri

لا تصحب مع الله تعالى إلا بالموافقة ولا مع الخلق إلا بالمناصحة ولا مع النفس إلا بالمخالفة ولا مع الشيطان إلا بالعداوة

Janganlah engkau mendekati Allah kecuali dirimu sesuai aturan agama- Nya. Begitu juga jangan bergaul dengan manusia kecuali ada i’tikad baik atau saling menasehati satu dengan yang lain. Cara agar terhindar dari hawa nafsu yaitu dengan  tak menuruti keinginannya. Serta berhati-hati atas  bisikan syaitan.

Agar tak Gila Jabatan, Ketahui dulu Penyebabnya
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *