Agar Urusan dengan Orang Lain Mudah Terpecahkan, baca Doa Ini - masholeh.com
0 views
DIRI, INFORMASI

DIRI, INFORMASI

Dalam bergaul dengan orang lain dibutuhkan sikap yang baik dan saling menghargai satu dengan yang lainnya. Hal ini sebagai cermin seorang hamba yang taat kepada Tuhannya dan orang disekitarnya.

Pada dasarnya dalam pergaulan di masyarakat banyak sekali intrik maupun taktik untuk menjatuhkan lawan dalam berbisnis, usaha, maupun dalam merebut jabatan strategis. Dari sini muncul niat maupun prilaku yang dilarang oleh agama dengan cara membuat berita bohong atau motif lainnya.

Salah satu doa agar diberikan solusi dalam menghadapi masalah dengan orang lain terutama dalam mengambil langkah agar tak salah maka dianjurkan membaca doa yang tertuang dalam surat Al-A’raf ayat 89 yang berbunyi,

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

Artinya:
“Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya. QS. Al-A’raf 89).

Menurut Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengutip pendapat Ibnu Abbas yang menjelaskan maksud dari doa tersebut yaitu meminta agar dibukakan pintu kebenaran dari kaum yang berbuat bohong atau menebar hoax.

Sedangkan menurut imam Qatadah yang menjelaskan bahwa para Nabi terdahulu selalu berdoa dengan doa diatas kemudian Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan kepada umatnya untuk selalu membaca doa tersebut.

Menurut Imam Ar-Razi dalam tafsirnya Mafatih al-Ghaib menjelaskan bahwa doa ini berisi agar diberikan kejelasan dalam menghadapi permasalahan serta terbuka cara penyelesaiannya.

Dari sini, umat Islam sangat dianjurkan membaca doa tersebut agar dimudahkan urusannya serta terbuka dalam mengungkap sebuah kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *