pribadi baik, manusia

Agar Usaha Kamu bertambah Berkah, lakukan 5 Hal Ini

Allah Dzat pemberi rizki kepada semua makhluk-Nya baik yang di daratan, lautan, bahkan di manapun berada, lebih-lebih kepada manusia diberikan segala anugerah kekayaan maupun fasilitas yang ada dibumi ini.

Tugas manusia adalah berusaha untuk mencukupi kebutuhan dirinya maupun keluarganya. Ia tak boleh berbangku tangan mengharapkan pemberian dari orang lain.

Abu Lais As Samarkandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin menjelaskan agar usaha yang dilakukan seseorang menjadi berkah dan baik maka ada lima hal yang harus diperhatikan.

Agar Usaha Kamu bertambah Berkah, lakukan 5 Hal Ini
Agar Usaha Kamu bertambah Berkah, lakukan 5 Hal Ini

Pertama. Ia tak mengakhirkan apalagi meremehkan segala kewajiban yang berkaitan dengan Allah dengan dalih sedang kerja maupun usaha.

Kedua. Tak boleh menyakiti orang lain walaupun bertujuan untuk kerja.

Ketiga. Saat bekerja, diniatkan untuk tujuan menjaga diri, keluarga dari meminta juga bukan untuk tujuan berbangga-bangga akan harta yang dimiliki.

Keempat. Saat berusaha dan bekerja tak sampai lupa diri dan waktu.

Kelima. Tidak beranggapan bahwa rizki dari usahanya sendiri tapi semuanya berasal dari Allah. Usahanya hanya sebagai sarana atau wasilah semata.

Sedangkan menurut Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya Mafatih al-Gaib memberikan tips untuk mendapatkan keberkahan dimanapun ia berada.

اﻃﻠﺐ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻣﻦ ﺃﺭﺑﻌﺔ: ﻣﻦ اﻟﻤﻮﺿﻊ اﻟﺴﻼﻣﺔ، ﻭﻣﻦ اﻟﺼﺎﺣﺐ اﻟﻜﺮاﻣﺔ، ﻭﻣﻦ اﻟﻤﺎﻝ اﻟﻔﺮاﻏﺔ ﻭﻣﻦ اﻟﻌﻠﻢ اﻟﻤﻨﻔﻌﺔ

Carilah empat keistimewaan ini pada empat hal yang lain. Pertama, carilah keselamatan dimanapun berada. Kedua, carilah kemuliaan dalam pergaulan. Ketiga, bekerjalah untuk mencari rizki untuk persiapan saat pensiun. Keempat, carilah ilmu yang bermanfaat.

Bila tak ada tempat yang aman maka penjara lebih baik bagi dirinya. Dan bila seseorang tak menemukan kenyamanan dan keharmonisan dalam persahabatan maka hewan lebih utama sebagai temannya.
Bila harta seseorang tak memberikan kenyamanan dan kecukupan maka tanah lebih baik baginya. Dan bila engkau tak mendapatkan kemanfaatan ilmu maka mati lebih baik bagi dirimu.

Maka dari itu kunci keberkahan terletak pada kemampuan seseorang dalam mengatur, mengarahkan dirinya untuk selalu memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ia miliki supaya lebih baik dari sebelumnya.