doa, akhirat

Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam Idul Fitri

Di akhir-akhir Ramadhan, umat Islam akan menyambut datangnya bulan Syawal dengan mempersiapkan segala hal. Namun yang perlu diutamakan adalah kemampuan kita dalam memetik pelajaran penting selama bulan Ramadhan, seperti ibadah puasa mengajarkan akan kesabaran dalam menghadapi berbagai hal juga melatih kejujuran manusia khususnya terhadap dirinya sendiri.

Sayang, bila selama Ramadhan seseorang tak mampu mengambil i’tibar atau pelajaran berharga darinya. Puasa juga mengajarkan kita akan kesalehan sosial dengan membantu sesama terutama saat pandemi Covid 19 yang masih menggejala  saat ini.

Di pengujung Ramadhan ini seseorang dianjurkan untuk memanfaatkan momen malam idul Fitri dengan berbagai amalan kebaikan seperti memperbanyak membaca takbir maupun dzikir yang lain seperti tasbih, tahmid.

Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menjelaskan amalan yang baik dilakukan saat malam idul Fitri. Ini penjelasan selengkapnya

اﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺇﺣﻴﺎء ﻟﻴﻠﺘﻲ اﻝﻋﻴﺪﻳﻦ ﻓﻲ ﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭاﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻣﻦ اﻟﻄﺎﻋﺎﺕ

Ketahuilah bahwasanya disunnahkan pada malam idul Fitri maupun idul Adha untuk memperbanyak berdzikir kepada Allah, Shalat dan juga berbuat ketaatan yang lainnya.

Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi:

عن أَبِي أُمَامَةَ عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم : ( مَنْ أَحْيَا لَيْلَتَيْ الْعِيدِ لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ ) وَفِي رِوَايَةِ الشَّافِعِيِّ وَابْنِ مَاجَهْ : ( مَنْ قَامَ لَيْلَتَيْ الْعِيدَيْنِ مُحْتَسِبًا لِلَّهِ تَعَالَى لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ حِينَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ ) رَوَاهُ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ مَوْقُوفًا

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Umamah, diriwayatkan dari Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam: “Barangsiapa menghidupkan malam idul Fitri dan idul Adha maka hatinya tak akan mati saat semua hati manusia menjadi mati. Dalam riwayat dari Imam As-Syafi’i dan Imam Ibnu Majah: Barangsiapa beribadah pada malam idul Fitri dan idul Adha dengan ikhlas karena Allah maka hatinya tak akan mati saat semua hati manusia menjadi mati. Hadis ini diriwayatkan dari Abi Darda’ dan termasuk hadis Mauquf.

Baca juga:

Ini 5 Fitrah Manusia yang Perlu Dipahami Sejak Dini

Doa yang Baik Dibaca Saat Idul Fitri

7 Hikmah Zakat yang Perlu Dipahami Agar lebih Bermakna

Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menjelaskan bahwa walaupun hadis yang menjelaskan tentang Keutamaan amalan pada malam idul Fitri maupun idul Adha termasuk hadis Dhaif namun bila terkait fadhailul Amal (Keutamaan amal) maka hal itu diperbolehkan.

Keistimewaan ini bisa didapatkan karena berkah waktu-waktu tertentu yang diistimewakan oleh Allah terutama orang yang mau berdoa diwaktu tersebut doanya akan segera terkabulkan.

Dari sini, umat Islam harus menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak membaca takbir, dzikir juga memperbanyak doa agar ibadah selama Ramadhan diterima oleh Allah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *