sanak kerabat, silaturrahmi

Amalan yang lebih utama daripada Ibadah Sunnah, Ini Kriterianya

Bila kita mengkaji ajaran islam secara mendalam, maka kita akan mengetahui bahwa ajaran-ajarannya ada yang wajib dilakukan, juga ada yang Sunnah, ataupun boleh dilakukan ataupun tidak.

Namun ada amalan yang pahalanya mengalahkan ibadah-ibadah Sunnah seperti shalat Sunnah atau puasa yaitu mendamaikan dua orang atau golongan yang bersengketa, berselisih paham bahkan bermusuhan bisa gara-gara perbedaan pilihan, atau perbedaan cara pandang dalam menghadapi sesuatu.

Hal ini seperti keterangan dalam sebuah Hadits yang dikutip oleh Imam al-Mundziri dalam kitab at-Targib wa at-Tarhib

ﺃﺑﻲ اﻟﺪﺭﺩاء ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ألا أخبركم بأفضل ﻣﻦ ﺩﺭﺟﺔ اﻟﺼﻴﺎﻡ ﻭاﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺼﺪﻗﺔ ﻗﺎﻟﻮا ﺑﻠﻰ

ﻗﺎﻝ ﺇﺻﻼﺡ ﺫاﺕ اﻟﺒﻴﻦ ﻓﺈﻥ ﻓﺴﺎﺩ ﺫاﺕ اﻟﺒﻴﻦ ﻫﻲ اﻟﺤﺎﻟﻘﺔ
ﺭﻭاﻩ ﺃﺑﻮ ﺩاﻭﺩ ﻭاﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ ﻭاﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺻﺤﺤﻪ

Artinya: diriwayatkan dari Abi Darda’. Nabi bersabda: Saya akan memberi kabar kepada kalian tentang amalan yang lebih utama daripada derajat pahala puasa, shalat, sedekah Sunnah.Merka menjawab:” iya wahai Nabi. Kemudian Nabi menjawab:” yaitu mendamaikan dua orang yang saling bersengketa. Karena hancurnya hubungan dua orang disebabkan ada sesuatu yang merusak. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya.

Menurut Imam al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa untuk memperbaiki hubungan yang mulai retak adalah dengan adanya usaha untuk memperbaikinya sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan tercipta sikap tolong-menolong dan kasih sayang diantara mereka.

Akhir-akhir ini, banyak sekali isu-isu yang sengaja dihembuskan oleh orang yang tak bertanggung jawab sehingga mengancam persatuan kita bersama.
Maka dari itu mendamaikan orang yang berselisih pahalanya besar sekali mengalahkan ibadah-ibadah Sunnah.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *