Anjuran untuk selalu Belajar sebelum terjadi hal ini - masholeh.com
0 views

Anjuran untuk selalu Belajar sebelum terjadi hal ini

Belajar dan terus belajar merupakan perintah agama. Hal ini bertujuan agar manusia selalu update sesuai waktu yang ia hadapi karena setiap manusia hidup di zaman yang berbeda dengan orang sebelumnya. Dari sini setiap muslim harus memetakan ilmu yang wajib ia ketahui terlebih dahulu yaitu urusan akidah, ibadah dan cara berakhlak yang baik kepada Allah dan makhluk-Nya.

Belajar tak harus disekolah, madrasah atau kampus atau al-jamiah tetapi dimanapun ia berada bisa belajar tentang kehidupan terutama dari alam sekitar. Ilmu agama sebagai penuntun langkahnya agar tak salah arah dan tujuan, begitu juga ilmu yang lain sebagai pelengkapnya. Satu dan lainnya saling melengkapi dan saling mengisi.

Abu Naim al-Asfihani dalam kitab Hilyat Al-Aulia mengutip perkataan Abu Darda’,

عن أبي الدرداء، رضي الله تعالى عنه قال: تعلموا قبل أن يرفع العلم، إن رفع العلم ذهاب العلماء، إن العالم والمتعلم في الأجر سواء، وإنما الناس رجلان: عالم، ومتعلم، ولا خير فيما بين ذلك “

Dari Abi Darda’ RA berkata:”Belajarlah kalian sebelum ilmu diangkat, Sesungguhnya ilmu akan hilang dengan meninggalnya para ulama’. Dan sesungguhnya orang yang mengajar dan belajar sama-sama mendapatkan pahala. Manusia ada dua kategori yaitu orang yang alim dan orang yang mencari ilmu (belajar). Dan tak ada kebaikan yang sempurna selain diantara mereka.

lebih lanjut Abi Darda’ mengatakan bahwa seseorang tak akan mencapai derajat takwa bila ia tak mengetahui ilmunya serta ia akan lebih sempurna bila mampu mengamalkan ilmunya.

Dari sini dapat dipahami bahwa seseorang mampu mendapatkan keuntungan dunia dan akhirat bila ia memiliki ilmu dan menggunakannya dengan baik karena ilmu tak akan mengahasilkan buahnya bila hanya sekedar dibuat retorika belaka. Orang yang berilmu hidupnya akan bermutu. Orang yang selalu belajar akan menjadi terpelajar serta diharapkan dirinya tak menjadi manusia yang kurang ajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.