Tujuan Penciptaan Manusia menurut Islam - masholeh.com
0 views
manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang sempurna secara fisik dan dilengkapi logika berfikir yang energik. Tujuan penciptaannya adalah agar manusia beribadah, menyembah kepada Allah dan untuk meramaikan bumi ini.

Dalam urusan ibadah, manusia ada yang memprioritaskan ibadahnya mengalahkan hubungan sosialnya, begitu juga banyak orang yang baik secara hubungan sosialnya tapi tak mau beribadah kepada Tuhannya. Yang lebih parah adalah orang yang tak baik dalam bersosialisasi dan dalam beribadah.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin mengutip perkataan Yahya bin Mu’adz,

اﻟﻨﺎﺱ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺻﻨﺎﻑ رﺟﻞ ﻳﺸﻐﻠﻪ ﻣﻌﺎﺩﻩ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﺷﻪ، ﻭﺭﺟﻞ ﻳﺸﻐﻠﻪ ﻣﻌﺎﺷﻪ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﺩﻩ، ﻭﺭﺟﻞ ﻣﺸﺘﻐﻞ ﺑﻬﻤﺎ جميعا

Manusia ada tiga kategori. Pertama, Seseorang yang menyibukkan diri untuk tujuan akhirat dan mengalahkan urusan dunianya. Kedua, Orang yang menyibukkan urusan duniawi dan mengakhirkan urusan akhiratnya. Ketiga, Orang yang menyibukkan urusan duniawi dan ukhrawi.

Dari penjelasan ini, orang yang baik adalah mampu menempatkan diri untuk beribadah sesuai waktu dan tempat, begitu juga ia berusaha mencukupi kebutuhan duniawi dengan bekerja keras tanpa melupakan urusan ibadah.
Ibadah penting, hidup bermasyarakat juga penting. Keduanya harus berjalan beriringan dan saling melengkapi. Dunia sebagai tempat usaha dan akhirat sebagai tempat menuai pahala, keduanya sama-sama penting tak boleh disepelekan satu yang lainnya.

Islam mengajarkan keseimbangan dalam beramal kebaikan baik dalam urusan dunia maupun urusan ibadah dengan Sang Maha Kuasa. Dari sini, manusia harus bisa mengatur kehidupan yang harus diprioritaskan agar hidupnya mulia, tak merugi akhiratnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *