Benarkah Orang Yang Paham Agama akan Menjadi Baik

Ajaran agama selalu mengajarkan kebaikan serta menjauhkan dari sikap permusuhan kepada orang lain. Sayangnya, sebagian orang yang mengaku beragama tapi tak mencerminkan ajaran agamanya.

Ada keterangan yang mengisyaratkan bahwa orang yang dikehendaki oleh Allah menjadi baik maka Allah memberikan pemahaman tentang agama. Benarkah demikian?

Baca: https://masholeh.com/belajar-agama-bertahun-tahun-tapi-tak-mendapatkankan-hidayah-ini-pertanda-apa/

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim,

وعن معاوية، رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين” متفق عليه.

Artinya: “Diriwayatkan dari Muawiyah RA berkata: Rasulullah bersabda:”Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi baik maka Allah akan memberikan pemahaman agama. (Muttafaq Alaihi).

Baca: https://masholeh.com/ini-tujuan-agama-sesungguhnya/

Dari penjelasan hadits diatas, dapat dipahami bahwa salah satu keistimewaan yang diberikan Allah kepada orang diberikan pemahaman tentang urusan agama. Maksudnya adalah tidak hanya paham saja namun harus dipraktekkan dalam kehidupan karena ilmu tak akan bermanfaat bila tak diamalkan, ilmu yang bermanfaat ibarat sebuah pohon yang berbuah.

Baca: https://masholeh.com/dua-kategori-nikmat-agama-menurut-imam-al-ghazali/

Seseorang yang memiliki ilmu agama yang mendalam tapi tak mampu merubah diri dari kebiasaan buruknya maka ilmunya tak menambah keberkahan hidupnya. Pada dasarnya seseorang akan bertambah ilmu, maka seharusnya bertambah petunjuk kebaikan untuk dirinya.

Maka dari itu, seseorang harus belajar memahami ajaran agama dengan baik dan berusaha mengamalkannya agar selalu dekat dengan Allah dan rasulnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *