Beruntung Orang Mempunyai Tetangga yang Baik

Manusia selalu mendambakan kehidupan yang harmonis dengan tercukupi secara materi baik kebutuhan rumah tangganya maupun non materi misalnya: ketenangan dalam keluarga, saling menghormati satu dan yang lainnya, juga selalu mengharapkan lingkungan sekitar menjadi baik, rukun, serta dijauhkan dari permusuhan.

Keberuntungan seseorang akan terwujud bila sekitar tempat tinggalnya saling menjaga, menghormati aktivitas masing-masing. Hal ini sesuai dalam sebuah Hadits:

ﻭﻋﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﺑﻦ اﻟﺤﺎﺭﺙ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﺳﻌﺎﺩﺓ اﻟﻤﺮء اﻟﺠﺎﺭ اﻟﺼﺎﻟﺢ ﻭاﻟﻤﺮﻛﺐ اﻟﻬﻨﻲء ﻭاﻟﻤﺴﻜﻦ اﻟﻮاﺳﻊ. ﺭﻭاﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺭﻭاﺗﻪ ﺭﻭاﺓ اﻟﺼﺤﻴﺢ

Artinya: Diriwayatkan dari Nafi’ bin Haris, ia berkata: Rasullullah SAW bersabda: “diantara tanda-tanda keberuntungan seorang muslim adalah: Mempunyai Tetangga yang baik, dan memiliki kendaraan yang nyaman serta hunian yang luas.” (HR. Ahmad).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa maksud hadits ini adalah tanda keberuntungan seorang muslim adalah:
Pertama,  bila mempunyai tetangga yang baik tak menyakiti tetangganya baik melalui lisan maupun perbuatannya.

Kedua, Mempunyai kendaraan yang nyaman  serta mudah digunakan.

Ketiga, mempunyai hunian yang nyaman walau kecil ruangannya.

Bila ketiga hal diatas sudah dimiliki seseorang maka ia harus bersyukur karena itu merupakan nikmat yang besar, terutama tetangga yang baik akan membantu kesuksesan kita dalam membina rumah tangga, anak-anak menjadi baik karena faktor lingkungan yang baik terutama tetangga sekitarnya.

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *