Bulan Suci Ramadhan Segera Datang, ini Keutamaan-keutamaannya - masholeh.com
0 views
Ulama' yang terkecoh Jama'ahn

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah sebagai Tuhan, tempat mengeluh, mengadu akan permasalahan yang dihadapi baik urusan dunia maupun akhirat dengan memperhatikan syarat-syarat berdoa agar segera terkabulkan.

Dalam setahun ada bulan yang selalu dinanti oleh umat Islam dimana pun ia berada, karena di  bulan ini ada banyak keistimewaan seperti keterangan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu:

عن ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻳﻘﻮﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻓﺘﺤﺖ ﺃﺑﻮاﺏ اﻟﺮﺣﻤﺔ، ﻭﻏﻠﻘﺖ ﺃﺑﻮاﺏ ﺟﻬﻨﻢ، ﻭﺳﻠﺴﻠﺖ اﻟﺸﻴﺎﻃﻴﻦ.رواه مسلم

Artinya: Ketika datang bulan Ramadhan maka akan dibuka pintu-pintu Rahmat, serta ditutup pintu Neraka Jahanam, serta Syetan-syetan akan dibelenggu. (H.R. Muslim).

Baca juga:

Keistimewaan Puasa Menjauhkan dari Neraka 70 Tahun

Hadis ini menjelaskan bahwa ada tiga keistimewaan tentang bulan suci Ramadhan, yaitu:

Pertama, Pintu Rahmat(kasih sayang Allah) selalu terbuka bagi hambanya yang mau taat kepadanya, hal ini seperti dalam kitab Syarah Muslim, Imam Nawawi mengutip pendapatnya Imam Qadhi Iyad yang menjelaskan bahwa di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat atau Surga kepada hambanya yang menjalankan ibadah, seperti puasa, shalat tarawih, dan ibadah yang lain, dibanding dengan bulan-bulan yang lain, karena hal itu sebagai sebab mendapatkan kasih sayangNya berupa kenikmatan surga.

Di bulan ini, manusia diajari untuk selalu menyayangi MakhlukNya, baik sesama manusia, hewan maupun tumbuhan, maka seorang hamba yang hendak memperbaiki dirinya akan diampuni dosanya, karena Rahmat Allah melebihi segala-galanya.

Baca juga:

Musafir Boleh Tak Berpuasa, ini Syarat yang harus Dipahami

Kedua, Ramadhan bulan yang penuh keberkahan, dengan menjalankan puasa, qiyamullail, dan ibadah lainnya, menjadi sebab pintu neraka tertutup baginya, karena ia mampu mengalahkan hawa nafsunya, karena bulan Ramdhan sebagi bulan evaluasi menghadapi godaan apapun, terutama puasa mampu meredam amarah, sebagai sumber marah yang menjadikan hidupnya tak terarah.

Baca juga:

Bolehkah Niat Puasa Saat Sedang Shalat?

Ketiga, Syaitan akan dibelenggu, maksudnya dibulan ini, syetan merasa kesusahan dalam menghadapi manusia yang sedang berpuasa, menahan nafsunya dari makan, minum maupun dari hal yang membatalkan.

Hadis diatas dimaksudkan untuk orang yang beriman dan menjalankan ibadah, sedangkan orang yang tak menjalankan ketaatan, syaitan masih tetap berkeliaran, terbukti masih banyak yang datang ke tempat prostitusi, juga masih banyak perjudian.

Semoga kita mendapatkan keistimewaan di bulan Ramadhan, agar selalu dekat dengan rahmat Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *