Cara Merdeka dalam Belajar

Saat menghadapi masa Pandemi Covid 19 semua elemen bangsa dituntut untuk ikut serta dalam menanggulangi wabah tersebut dengan mengedepankan protokol kesehatan terutama dalam belajar maupun mengajar.

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu belajar, menambah wawasan dimanapun, kapanpun iatia berada terutama ilmu yang wajib diketahui seperti ilmu yang membahas masalah akidah, ibadah maupun akhlak.

Cara merdeka dalam belajar
Cara merdeka dalam belajar

Salah satu cara agar kita bisa merdeka dalam belajar yaitu melalui belajar mandiri dengan mengembangkan skill yang dimiliki lebih-lebih dalam penggunaan media sosial maupun media yang lain.

Segala informasi maupun ilmu pengetahuan mudah diakses melalui internet, tinggal bagaimana caranya kita mampu menyerap, menganalisa dan mengaplikasikan dalam kehidupan.

Merdeka dalam belajar berarti tak mudah menyerah apalagi pasrah menerima kenyataan dan selalu berinovasi dan berkreasi dalam menambah, mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki sehingga menjadi pribadi yang tangguh dalam segala lini kehidupan.

DIRI, INFORMASI
Peranan teknologi bagi kehidupan

Kesuksesan sebuah bangsa bila semua pihak saling berperan aktif satu dengan yang lain dengan mengedepankan saling menghargai antar sesama umat manusia. Perbedaan itu biasa justru saling menghargai sebagai sikap yang luar biasa.

Namun sayangnya perkembangan ilmu teknologi, maupun media sosial saat ini kurang disikapi secara bijaksana sehingga telah menjajah banyak umat manusia.

Memang betul teknologi ibarat pisau bermata dua, ada dampak positif maupun negatif. Tinggal bagaimana kita mampu mengendalikan dan menggunakan dengan baik sehingga tak menjadi bumerang bagi dirinya maupun orang lain.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)