Ciri-ciri yang Membedakan antara Orang Mukmin dan Munafik

Ini yang membedakan dengan orang munafik, ia hanya mengucapkan kata iman dengan lisannya saja, hati dan anggota badannya tak membenarkan.

Orang Mukmin adalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya beserta mengimani hal-hal yang juga wajib diimani. Hal ini harus dibuktikan dengan hati yang meyakini kebenaran dan lisan yang selalu membaca kalimat Tahlil (Laa ilaaha Illa Allah) sebagai tanda untuk merefresh (menyegarkan) Keimanan, serta dipraktekkan oleh seluruh anggota badan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga komponen ini bila sudah terpenuhi maka sempurnalah keimanannya.

Ini yang membedakan dengan orang munafik, ia hanya mengucapkan kata iman dengan lisannya saja, hati dan anggota badannya tak membenarkan.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin mengutip perkataan Imam Al-Auzai yang berbunyi:

اﻟﻤﺆﻣﻦ ﻳﻘﻞ اﻟﻜﻼﻡ ﻭﻳﻜﺜﺮ اﻟﻌﻤﻞ، ﻭاﻟﻤﻨﺎﻓﻖ ﻳﻜﺜﺮ اﻟﻜﻼﻡ ﻭﻳﻘﻞ اﻟﻌﻤﻞ

Orang Mukmin sedikit bicara dan banyak kerja. Sedangkan orang Munafik banyak bicara dan minim kerja.

Dari sini menjadi jelas, yang membedakan antara orang Mukmin dan Munafik adalah tentang langkah kongkrit atau aplikasi dalam kehidupan, orang mukmin lebih suka membicarakan hal-hal positif, atau yang ada kebaikan urusan dunia dan akhirat, tapi itu tak sekedar retorika belaka. lain halnya dengan orang munafik yang kerjanya banyak mengeluarkan bualan kata serta banyak retorika dan tak diimbangi hasil kerja yang nyata.

Maka dari itu sebagai orang yang beriman untuk selalu menjaga lisannya agar tak menyakiti orang lain dan berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi

Leave a Reply