adab saat di masjid
Kajian Islam

Dalam Urusan Ibadah, Manusia dibagi Tiga Kategori

Salah satu tujuan manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk beribadah, mengabdi kepada Dzat yang telah menciptakan dirinya. Hal itu sangat penting, bila manusia lupa akan tujuan hidupnya maka diibaratkan seperti jasad yang tak bernyawa, wujudnya sudah tak dianggap lagi keberadaannya.
Dalam kitab An-Nawadir karya Syeh Sihabuddin bin Salamah al-Qalyubi menjelaskan bahawa dalam urusan ibadah kepada Allah, manusia dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu:

Pertama, Rahbani. Yaitu orang yang beribadah kepada Allah didasari perasaan takut akan ancaman, siksaan, adzab dari-Nya.

Kedua, Hayawani. Yaitu orang yang beribadah kepada Allah untuk mengharapakan pahala, serta ingin mendapatkan ampunan dan rahmat-Nya.

Ketiga, Rabbani. Yaitu orang yang beribadah hanya ditujukan kepada Allah semata, bukan takut siksaan-Nya, maupun untuk mendapatkan pahala surga dari sisi-Nya.
Pada hari kiamat mereka akan dibalas sesuai amal perbuatan, serta niat yang menjadi tujuannya. Untuk orang yang masuk kategori Rahbani kelak pada hari kiamat ia akan selamat dari api neraka yang panasnya tak mampu diterka, melebihi panasnya setrika.
Untuk yang kategori Hayawani yang beribadah atas dasar untuk mencari pahala, ia akan dipersilahkan memasuki surga oleh para penjaga, serta disuguhi minuman penghilang dahaga, yang membuat hati manusia menjadi bangga tak terhingga.
Dan yang paling tinggi derajatnya adalah kategori Rabbani yang akan bertemu Tuhannya secara langsung, ini merupakan kenikmatan yang paling besar mengalahkan kenikmatan yang lain, ibarat surga menjadi hampa karena manusia lupa setelah berjumpa dengan Dzat yang tak pernah Lupa.

Dari kategori diatas, hendaknya manusia berusaha agar hidupnya selalu lebih baik agar mendapatkan kedudukan yang tinggi dihadapan Tuhannya dan makhluk-Nya.

Bagikan

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *