Dalam urusan Rizki, ini Kriteria Manusia yang paling Beruntung - masholeh.com
0 views
pribadi baik, manusia

pribadi baik, manusia

Sebagian manusia mengira bahwa orang yang paling nikmat di dunia adalah orang yang bergelimang harta, mobilnya tertata, dan dikelilingi banyak wanita bahkan memiliki peternakan unta. Benarkah demikian?

Islam memandang bahwa orang yang paling beruntung dalam urusan rizki adalah mereka yang diberikan kecukupan, segala yang ia butuhkan tercukupi dan tersedia serta diberikan rasa kepuasaan atau qana’ah sehingga tak iri kepada orang lain.

Baca juga: http://masholeh.com/lakukanlah-5-hal-ini-agar-hidup-berkah-dan-mudah-rizkinya/

Hal ini sesuai Hadits Nabi

عن عبد الله بن عمرو بن العاص، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال: «قد أفلح من أسلم، ورزق كفافا، وقنعه الله بما آتاه. رواه مسلم

Artinya: “Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr al-Ash, bahwasanya Nabi bersabda:”Sungguh beruntung menjadi orang yang Islam serta diberikan kecukupan dalam rizki dan diberikan hati yang qana’ah atau menerima pemberian Allah. (HR. Muslim).

Baca juga: http://masholeh.com/keistimewaan-asmaul-husna-al-latiifu-untuk-mempermudah-rizki/

Menurut dalam Dalil Al-Falihin menjelaskan bahwa beruntung sekali orang Islam yang tercukupi dalam urusan rizki, ia tak mengalami kekurangan sedikitpun atau bersikap berlebih-lebihan karena ini prilaku syaitan.

Imam Qusyairi dalam risalahnya mengutip pendapat Abu Ali ad-Daqqaq yang menyatakan bahwa kebanyak manusia seringkali membandingkan keutamaan kaya dan miskin, menurutnya yang paling utama adalah seseorang yang tercukupi kebutuhannya sehingga mampu menjaga diri dari meminta-minta.

Dari penjelasan diatas, sebagai seorang yang beriman kepada Allah seyogyanya selalu berprasangka baik kepada-Nya terutama dalam urusan rizki. Ia telah mengatur sedemikian rupa agar tak tertukar dengan yang lain. Manusia hanya berusaha mencarinya, Allahlah yang menentukan hasilnya. Berapa banyak orang yang memprediksi keuntungan besar namun ternyata ia tak mendapatkan atau merasakannya karena pada dasarnya Allahlah yang mengatur rizki makhluknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.