Saat Khalifah Harun Rasyid Tak Mau Masuk Surga

Di Dunia Ini, Ada Sungai Yang paling Utama

Sungai memberikan banyak manfaat bagi manusia terutama bagi keberlangsungan hidupnya karena aliran sungai dimanfaatkan untuk irigasi pertanian yang hasilnya dinikmati banyak orang, juga sebagai transportasi air dan sebagai sumber energi listrik dan sebagainya.

Di dunia ini ada banyak sungai besar seperti sungai Nil, sungai Amazon, Sungai Amur, Sungai Mississippi dan masih banyak nama sungai-sungai yang lain. Yang menjadi pertanyaan adalah dari beberapa nama sungai ini, manakah yang paling utama?

Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam  al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra menjelaskan bahwa,

ﻧﻴﻞ ﻣﺼﺮ ﻟﻤﺎ ﺭﻭاﻩ اﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺣﺎﺗﻢ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ – ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ – ” ﻧﻴﻞ ﻣﺼﺮ ﺳﻴﺪ اﻷﻧﻬﺎﺭ ﺳﺨﺮ اﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﻛﻞ ﻧﻬﺮ ﻣﻦ اﻟﻤﺸﺮﻕ ﻭاﻟﻤﻐﺮﺏ

Sungai Nil di Mesir yang paling utama seperti yang riwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Abdullah bin Umar RA yang menyatakan bahwa Sungai Nil merupakan sungai yang paling utama. Allah mengunggulkan sungai Nil dan menundukkan semua sungai dari ujung timur dan barat.

Keterangan ini dikuatkan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari,

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ” ﺭﻓﻌﺖ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﺪﺭﺓ، ﻓﺈﺫا ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﻧﻬﺎﺭ: ﻧﻬﺮاﻥ ﻇﺎﻫﺮاﻥ ﻭﻧﻬﺮاﻥ ﺑﺎﻃﻨﺎﻥ، ﻓﺄﻣﺎ اﻟﻈﺎﻫﺮاﻥ: اﻝﻧﻴﻞ ﻭاﻟﻔﺮاﺕ، ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺒﺎﻃﻨﺎﻥ: ﻓﻨﻬﺮاﻥ ﻓﻲ اﻟﺠﻨﺔ

Artinya: Diriwayatkan dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah bersabda: Ketika aku diangkat ke Sidrat, maka aku melihat ada Empat sungai. Dua sungai terlihat (dhahir) dan dua sungai lagi tak terlihat (batin). Adapun dua sungai yang terlihat adalah Sungai Nil dan Furat. Dan dua sungai yang tak terlihat ada di Surga. (HR. Bukhari).

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa sungai Nil sebagai sungai yang paling utama berdasarkan keterangan-keterangan yang ada.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *