Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (1)

Memiliki ilmu yang bermanfaat merupakan idaman setiap orang, namun untuk mendapatkannya tak mudah membalikkan tangan. Ada banyak hal yang harus dipenuhi dan dilakukan, diantaranya niat yang tulus saat  memulai belajar serta selalu istiqamah untuk selalu menambah ilmu pengetahuan setiap saat.

Tanpa adanya kesungguhan hati, ilmu yang ia telah dapatkan niscaya akan cepat hilang tanpa ia sadari. Berapa banyak orang yang belajar dari jenjang paling rendah sampai yang paling tinggi, namun manfaatnya belum bisa dirasakan oleh dirinya sendiri maupun orang lain.

Hal lain yang tak kalah peting adalah selalh memanjatkan doa agar selalu dimudahkan dalam mencerna ilmu serta mengamalkannya. Dalam hal ini hakikat doa sangat penting untuk menjalin hubungan dengan Sang pemberi Ilmu supaya diberikan ilmu yang bermanfaat.

Salah satu doa agar diberikan ilmu yang bermanfaat sesuai dengan petunjuk  dalam Al Qur’an yaitu:

وَقُل رَّبِّ زِدْنِي عِلْمًا (114

Artinya: dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan” (QS. Thaha: 114)

doa memperlancar rezeki
Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (1)

Syeh nawawi dalam tafsinya yang berjudul Marah Labid menjelaskan maksud ayat diatas bahwa Nabi Muhammad diperintahkan untuk meminta bertambahnya pemahaman akan hakikat sesuatu karena tak tak ada batasannya.

Sedangkan menurut imam Shadiq Khan dalam tafsir  Fatkhul Bayan fi Maqasid Al Qur’an menjelaskan bahwa rasulullah tak diperintahkan untuk berlebih-lebihan kecuali dalam menambah ilmu pengetahuan. Alasannya adalah mampu menambah rasa tawadhu’ dan syukur kepada Allah.

Sahabat Abdullah bin Mas’ud saat membaca ayat tersebut, ia lantas berdoa seperti ini:

اللَّهُمَّ زِدْنِي إِيمَانًا وَيَقِينًا وَفَهْمًا

Allahumma zidni imaanan wa yaqiinan wa fahman.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah kepadaku keimanan, keyakinan, dan pemahaman.

Dari sini kiranya doa ini sebaiknya selalu dipanjatkan agar mendapatkan ilmu yang berkah, selalu bertambah sehingga mampu merespon permasalahan yang terjadi.