Ulama' yang terkecoh Jama'ahn

Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (2)

Doa memiliki peranan penting bagi kehidupan terutama orang yang sedang belajar dianjurkan untuk memperbanyak menelaah, membaca, menghafal ilmu juga memperbanyak doa yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Dengan doa, seseorang akan diberikan keyakinan serta pertolongan segala permasalahan yang ia hadapi terutama agar terbuka ilmu yang sedang digeluti dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (2)

Diantara doa yang diajarkan Rasulullah kepada umatnya agar diberikan ilmu yang bermanfaat adalah doa berikut ini

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ ‏”‏ ‏.‏

Allahumma infa’ni bima Allamtani wa Allimni ma Yan’fauni wa Zidni ilman walhamdulillah ala kulli khalin wa A’udzu billahi min Adzabinnar.

Ya Allah, berikanlah manfaat apa yang telah engkau ajarakan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat serta tambahkanlah ilmu. Segala puji bagi Allah dalam segala kondisi dan Aku meminta perlindungan kepada Allah dari siksa neraka.

Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam An Nasai dan Al Hakim yang berbunyi:

ﻭﻋﻦ ﺃﻧﺲ – ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ – ﻗﺎﻝ: «ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ – ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﻳﻘﻮﻝ: اﻟﻠﻬﻢ اﻧﻔﻌﻨﻲ ﺑﻤﺎ ﻋﻠﻤﺘﻨﻲ، ﻭﻋﻠﻤﻨﻲ ﻣﺎ ﻳﻨﻔﻌﻨﻲ، ﻭاﺭﺯﻗﻨﻲ ﻋﻠﻤﺎ ﻳﻨﻔﻌﻨﻲ» ﺭﻭاﻩ اﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭاﻟﺤﺎﻛﻢ

Artinya: Diriwayatkan dari Sahabat Anas Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berdoa: “Ya Allah, berikanlah manfaat apa yang telah engkau ajarakan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat serta tambahkanlah ilmu. Segala puji bagi Allah dalam segala kondisi dan Aku meminta perlindungan kepada Allah dari siksa neraka.( HR. imam Nasa’i dan Hakim)

Baca juga:

Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (1)

Dari sini, perlu kiranya orang sedang belajar selalu membaca doa ini dengan tujuan agar dimudahkan urusannya serta diberikan keberkahan ilmu sehingga dirinya menjadi lebih baik dari sebelumnya.