Kewajiban Menghormati Guru dalam Islam

Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (3)

Ilmu bagai lentera kehidupan yang selalu menerangi kegelapan. Tanpa ilmu niscaya manusia akan salah langkah bahkan hidupnya akan susah disebabkan kebodohan dalam dirinya.

Dari sini penting kiranya orang yang ingin mendapatkan kemuliaan di dunia harus memiliki ilmu, apalagi urusan akhirat harus didasari dengan ilmu. Tanpa ilmu, amal ibadah seseorang tak akan diterima oleh Allah dzat yang maha kuasa.

Menurut Imam Ad Dairabi dalam kitab Mujarrabatnya menjelaskan bahwa salah satu doa yang perlu dipanjatkan supaya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan sebaiknya dibaca saat hendak belajar sebagai berikut:

Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (3)
Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (3)

اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم وأكرمنا اللهم بنور الفهم وافتح علينا بمعرفة العلم وحسن أخلاقنا بالحلم وسهل لنا أبواب فضلك وانشر علينا من خزائن رحمتك يا أرحم الراحمين.

Allahumma Ahrijni min dzulumatil wahmi wa Akrimni binuril Fahmi, waftah Alaina bimakrifatil ilmi wa hassin Akhlaqana bil Hilmi wa sahhil Lana Abwaba Fadzlika wansyur Alaina min Khazaina Rahmatika ya Arhamarrahimin.

Ya Allah, Tolong keluarkan kegelapan dalam diriku dan muliakan aku dengan pemahaman bagai cahaya. Ya Allah bukakan untuk kami dengan pengetahuan ilmu dan perbaiki akhlak kami dengan sifat lemah lembut dan tebarkanlah rahasia-rahasia ilmu engkau dengan Rahmat wahai dzat yang maha penyayang.

Baca juga:

Doa tersebut sebaiknya selalu dibaca saat mulai belajar maupun mengajar supaya dibukakan pintu pemahaman dan diberikan ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)