Doa Agar diberikan Keberkahan dan kemenangan

Salah satu doa yang tertuang dalam Al Qur'an bila dibaca akan dimudahkan urusan yang ia hadapi seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saat hijrah ke Madinah.

Dalam Al Qur’an, ada beberapa ayat yang berkaitan tentang pentingnya belajar pengalaman dari umat-umat terdahulu terutama umat yang hancur disebabkan oleh kedzaliman dan keserakahan.

Hal ini bertujuan supaya seseorang mendapat pengalaman dan hikmah kehidupan yang mereka lakukan sehingga memandang kehidupan yang selalu berubah-ubah.

Salah satu doa yang tertuang dalam Al Qur’an bila dibaca akan dimudahkan urusan yang ia hadapi seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saat hijrah ke Madinah. Ini bunyi ayat tersebut.

وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Artinya: Dan katakanlah (Muhammad) ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong (QS. Al Isra’: 80)

 

Doa Agar diberikan Keberkahan dan kemengan
Doa Agar diberikan Keberkahan dan kemengan

Imam Suyuthi dalam kitab Lubabun Nuqul menjelaskan bahwa awal-awal Islam, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam berada di Makkah kemudian mendapatkan perintah untuk berhijrah ke Madinah, kemudian turunlah ayat ini serta menegaskan bahwa ayat ini termasuk ayat Makkiyyah.

Dr Sa’adi dalam Qamus Al Fiqhi karya ia menjelaskan bahwa doa ini erat kaitannya untuk tercapainya maksud tujuan yang selalu diidam-idamkan dan untuk mendapatkan kemenangan dalam berbagai hal.

Ibnu Kasir dalam kitab Qasas Al Anbiya’ menjelaskan bahwa dalam memulai segala urusan untuk selalu berdoa terlebih dahulu supaya mendapatkan kebaikan dan keberkahan serta pada akhirnya mendapat hasil yang baik juga seperti hijrah dari Makkah menuju Madinah sesuai yang dilakukan Nabi Muhammad dan Sahabatnya.