Doa Agar diberikan Khusnul Khatimah (1)

Dari penjelasan ini Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya agar selalu menjaga hati dan selalu konsisten akan ajaran-ajaran Islam dengan harapan supaya mendapatkan Khusnul khatimah

Setiap manusia berharap akhir hayatnya dalam keadaan baik, tapi keinginan ini harus dibarengi dengan usaha yang baik dan doa yang selalu dipanjatkan setiap saat. Dengan modal kekuatan doa seseorang akan selalu berharap kepada Allah yang mampu merubah segala-galanya.

Suatu Ketika Ummu salamah sebagai istri Nabi pernah ditanya tentang doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW, lantas ia menjawab:”Nabi selalu membaca doa

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Ya Muqallibul Qulub Tsabbit Qalbi ala Diinika

Artinya:”Wahai dzat yang membolak-balik hati, tetapkanlah hati ini untuk selalu mengikuti ajaran agama engkau.”

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir mengutip pendapat Imam Al-Ghazali yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad memperbanyak doa ini bertujuan untuk mengungkapkan keagungan ciptaan Allah berupa hati yang selalu berubah-ubah, maka Nabi berdoa agar diberikan istiqamah dalam beramal kebaikan sesuai ajaran Islam.

Dari penjelasan ini Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya agar selalu menjaga hati dan selalu konsisten akan ajaran-ajaran Islam.

Leave a Reply